by

Mengenal Alam dan Budaya Desa Kesik di Lombok Timur

KESIK LOMBOK TIMUR – Desa Kesik teletak di Kecamataan Masbagik Kabupaten Lombok. Berada 40 kilometer timur dari kota Mataram letaknya di ketinggian 345 meter di atas permukaan laut. Alamnya indah ditandai sawah terasiring dan meskipun di lembah gunung Rinjani tampak perairan Selat Alas di timur pulau Lombok.

Desa Kesik ini disebut Kadri merupakan copy pastenya Ubud. Topografinya sawahnya berbentuk terasering. Walaupun berada di daratan tampak laut terbentang luas.

Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten LombokTimur Yogi Birrul Walid Sugandi menyebutnya sebagai desa wisata alam dan budaya. Sebabnya, penduduknya memiliki potensi unggul dalam keterampilan sebagai pemahat dan pengrajin pembuat ornament gendang dan gamelan masyarakat Sasak di pulau Lombok. ‘’Uniknya di desa ini masih melekat presentasi kultur Bali bercampur Sasak,’’ kata Yogi menjelaskan.

Di sana ada tradisi Nunas Neda yaitu memohon berkah menjelang musim hujan tiba untuk keberhasilan tanaman padinya. Sekali setahun diadakan ritual agraris yang berhubungan dengan pertanian  Pemandangan alamnya seperti di Tegalalang Ubud Bali.

Adapun Nunas Neda yang waktu penyelenggaraannya ditetapkan oleh pemangku adat setempat, biasanya September – Nopember, yaitu waktunya petani melakukan ritutal doa agar memasuki masa tanam berikutnya menghasilkan berlimpah dan sehat.

Kepala Desa Kesik Kadri menyebutkan warisan leluhur dari Bali bisa terlihat dari ketrampilannya membuat Praja (dalam bentuk kuda kayu) untuk pawai khas Lombok, seni ukir gamelan dan pande gamelan. ‘’Dari nama pun yang memiliki keturunan Bali masih menggunakan nama Bali,’’ ujar Kadri.

Misalnya, walaupun sudah menunaikan ibadah haji tetap menggunakan khas Bali yaitu Haji Gede Sumantri atau Gede Arsit maupun Nengah Harni, Lainnya adalah berubahnya lokasi pura menjadi lokasi masjid.

Desa Kesik ini meliputi 15 dusun yang dihuni oleh 3.912 kepala keluarga atau 11.628 jiwa penduduk.  Di sana terdapat tujuh sanggar gamelan, barong, gendang belik dan praja. Pusat kerajinan ukir di Dusun Sungkit, pande gamelan di dusun Selimur, kerjainan Praja di dusun Anak Dui. Untuk mengembangkan desa wisata ini, warga membangun kolam renang standar nasional Wisata Tirta Ratu di dusun Lengkok Ratu,(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed