by

World Water Forum Digelar di Kawasan The Nusa Dua

NUSA DUA BALI – Menyongsong keberlanjutan dan harapan bagi masa depan bumi, rangkaian acara World Water Forum ke-10 tahun 2024 akan diselenggarakan di kawasan The Nusa Dua, Bali. Dengan tujuan memperkuat kesadaran global akan pentingnya sumber daya air dan mempromosikan aksi konkret dalam mengatasi tantangan air, forum ini akan diadakan di dua venue Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di kawasan The Nusa Dua pada tanggal 18-25 Mei 2024.

Bali International Convention Center (BICC), The Westin Resort Nusa Dua, Bali akan menjadi lokasi High Level Meeting pada 20-21 Mei 2024. Acara ini akan dilanjutkan dengan interface meetings bersama penanggung jawab proses politik, tematik, dan regional serta pertemuan bilateral beberapa kepala negara. Sementara itu, Nusa Dua Hall, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), juga akan menjadi lokasi Opening Fair and Expo. Fair and Expo akan diselenggarakan di beberapa lokasi seperti BNDCC, BICC, Bali Collection Nusa Dua dan Pantai Kuta pada 20- 25 Mei 2024.

Salah satu sorotan yang tak kalah menarik adalah kegiatan Pawai Budaya “Samudra Cipta Peradaban”, yang berlangsung di area kawasan The Nusa Dua tanggal 20 Mei 2024, pada pukul 17.00 – 18.00 Wita. Pawai budaya ini akan menampilkan berbagai atraksi seni budaya yang akan mempesona para delegasi dan menambahkan sentuhan lokal pada acara tersebut.

General Manager The Nusa Dua I Made Agus Dwiatmika menyatakan, selaku pengelola kawasan The Nusa Dua, bersiap dengan melakukan maintenance kawasan guna memastikan kesiapan pelayanan, infrastruktur serta sistem pengamanan kawasan terintegrasi dalam kondisi prima. Selain itu, hingga saat ini, 10 hotel di kawasan The Nusa Dua telah terkonfirmasi sebagai lokasi menginap bagi kepala negara dan para delegasi World Water Forum, diantaranya 7 hotel untuk tamu VVIP dan  3 hotel untuk tamu VIP dan para delegasi. ‘’ Seluruh hotel yang terkonfirmasi ini, tengah bersiap baik dari sisi fasilitas maupun sistem pengamanan berupa x-ray dan secdoor,.” Katanya.

Command Center The Nusa Dua, sebagai pusat kendali keamanan, menawarkan fasilitas modern untuk memastikan keamanan dan koordinasi yang efisien selama penyelenggaraan World Water Forum ke-10 tahun 2024 di The Nusa Dua.  Fasilitas Command Center dilengkapi dengan CCTV terintegrasi, TV Monitor, Radio Komunikasi Terintegrasi, Link Sistem Informasi dengan BMKG dan BNPB (Alert System Tsunami, Gempa Bumi dan cuaca ekstrim) serta satuan pengamanan ITDC yang diperkuat dengan K9, unit Fire Brigade dan patroli kawasan,” ujar Made Agus.

Ia mengatakan senang telah terpilih menjadi tuan rumah untuk World Water Forum ke-10 tahun 2024, dan siap menyambut para peserta dari seluruh dunia. Melalui kerjasama dan inovasi, berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi masa depan bumi. Dengan persiapan yang matang dan semangat kolaborasi yang tinggi, World Water Forum ke-10 tahun 2024 di The Nusa Dua, siap untuk menjadi landasan bagi perubahan yang berkelanjutan menuju masa depan yang lebih baik bagi bumi kita,”. ucap Made Agus.

Tentang World Water Forum

World Water Forum merupakan platform yang inklusif dimana semua pemangku kepentingan seperti kepala negara, menteri, parlemen, pemerintah daerah, otoritas wilayah sungai, akademisi, praktisi, hingga generasi muda berkumpul dan berkolaborasi untuk merumuskan solusi air global. Mengangkat tema “Water for Shared Prosperity”, forum ini sejalan dengan komitmen global untuk mencari solusi peningkatan dan pengelolaan sumber daya air berkelanjutan untuk menghadapi perubahan iklim yang tidak pasti.

World Water Forum ke-10 ini  nantinya akan terbagi dalam tiga proses yaitu political process, thematic process dan regional process. Ketiga proses ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pemimpin negara, menteri, pemimpin daerah, akademisi, peneliti hingga generasi muda yang akan saling bertukar pikiran.  Terdapat 280 sesi dalam 10th World Water Forum ini, termasuk 55 side events serta 10 special sessions.

World Water Forum pertama kali digelar pada 1997 di Marrakesh, Maroko, sebagai tuan rumah dan World Water Council (WWC) selaku co-host. Pertemuan selanjutnya kemudian dilakukan setiap 3 tahun sekali dengan mengundang peserta dari berbagai sektor, baik pemerintahan, akademisi, NGO, swasta maupun water communities lainnya. Kemudian berturut-turut World Water Forum digelar di Den Haag, Belanda pada 2000, Jepang pada 2003, Meksiko 2006. Menyusul adalah Istanbul, Turki menjadi tuan rumah pada 2009, Marseille. Perancis pada 2012, Korea Selatan 2015, Brazil 2018, dan Senegal pada 2022.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed