by

PLN NTB Bentuk Tim PDKB

MATARAM – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah yang akan digelar serentak tanggal 9 Desember 2020, PLN tetap siaga menjaga keandalan pasokan listrik. Kegiatan rutin preventive maintenance digelar sesuai dengan jadwal ataupun apabila ditemukan potensi gangguan. Salah satunya dengan pasukan khusus PLN, yaitu Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan atau Tim PDKB.

Tim PDKB ini merupakan tim yang terlatih khusus untuk melakukan pemeliharaan maupun perbaikan, tanpa mengakibatkan padam di pelanggan. ”Bisa dibilang, mereka ini Tim Kopassus-nya PLN,” kata Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan UP3 Mataram Dony Noor Gustiarsyah.

Dony juga menyampaikan pekerjaan sebagai tim PDKB memiliki resiko yang sangat tinggi, karena diharuskan bekerja dengan jaringan listrik yang maish bertegangan. Mereka yang tergabung dalam PDKB memperoleh sertifikasi khusus, memperoleh pendidikan khusus dan merupakan orang orang yang kompeten. ”Kami tidak main main dengan pekerjaan yang beresiko tinggi,” ujar Dony.

Ia juga menegaskan bahwa seluruh pekerjaan yang dilaksanakan oleh tim PDKB wajib untuk berpedoman K3, baik personel maupun peralatan yang digunakan. Tim akan menggunakan memakai peralatan Alat Pelindung Diri (APD) khusus yang berfungsi sebagai pengaman di tegangan 20kV.

Untuk saat ini, di PLN UP3 Mataram tim PDKB terdiri dari 2 tim, yaitu tim sentuh langsung dan juga  tim berjarak. Keduanya memiliki tugas dan fungsinya masing masing.

Tim PDKB sentuh langsung merupakan tim yang dapat memperbaiki jaringan dengan cara menyentuh langsung jaringan tersebut. Misalnya untuk pekerjaan pemeliharaan 20.000 Volt,  tim akan menggunakan sarana pendukung seperti crane yang berisolasi tahan 20.000 Volt,_ sleeve,leather gloves,rubber boots, conductor cover,flexible cover_, dan lainnya.

Sedangkan untuk metode berjarak adalah dengan menggunakan tongkat khusus dan tidak menyentuh langsung jaringan. Yang utama, pasti K3 karena tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia. ”Dan itu adalah komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan, namun dengan tetap mengutamakan prinsip K3,” ucap Dony.

Sepanjang tahun 2020, tim PDKB PLN UP3 Mataram telah melakukan pemeliharan di sebanyak 1.397 titik, yang tersebar di Lombok.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed