by

NTB Tuan Rumah World Halal Tourism Summit

MATARAM – Oktober 2022 mendatang, Lombok Nusa Tenggara Baratt (NTB) bakal menjadi lokasi penyelenggaraan World Halal Tourism Summit (WHTS) 2022. Rencana penyelenggaraannya disampaikan Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja sama Internasional Majelis Ulama Indonesia (HLNKI MUI) Bunyan Saptomo bersama Wakil Ketua Komisi HLNKI MUI Hendro Wibowo disertai seorang utusan Cina Lei Wen Zong (Julong Group China) sewaktu berrtemu Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulklieflimansyah, Jum’at 21 Jnuari 2022.

Sorenya, tindak lanjutnya dilakukan membahas teknis selama kegiatan. di Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) NTB. ‘’Kegiatannya konferensi dan expo,’’ kata Kepala Dispar NTB Yusron Hadi, Ahad 23 Januari 2022 sore.

Kegiatan internasional bulan Oktober 2022 mendatang akan dipusatkan di Islamic Center NTB dan Universitas Islam Negeri Mataram. Kegiatan expo diharapkan lebh besar kegiatannya agar masyarakat lebih memahami makna wisata halal atau Moeslem Friendly Tourism secara lebih konkrit. ‘’Mudah – mudahan bisa menjadi side event untuk pertemuan G20 yang akan berlangsung pada saat yang hampir bersamaan,’’ ujarnya.

Pemerintah Provinsi NTB sangat siap untuk mendukung dan mensukseskan World Halal Tourism Summit (WHTS) 2022 yang akan diselenggarakan di Lombok, NTB tersebut. “Pemerintah akan terus menggaungkan dan mematangkan konsep wisata halal di NTB, mengingat NTB sebagai salah satu daerah yang concern akan hal itu,” ucapnya, waktu itu.

Zulkieflimansyah menjelaskan bahwa penerapan konsep wisata halal di NTB bertujuan untuk memudahkan layanan bagi wisatawan muslim saat berlibur di Lombok tanpa membatasi pergerakan wisata konvensional yang telah ada.

Dengan kata lain, pemerintah tidak mewajibkan wisatawan-wisatawan yang datang ke Lombok untuk makan dan menginap di tempat-tempat tertentu. Hal itu tetap menjadi hak para wisatawan.

Karena mayoritas di NTB muslim, jadi konsep wisata halal ini tentunya akan memudahkan para wisatawan muslim, mulai dari makanan, tempat ibadah, hotel dan lain-lain, ‘’Tapi juga tidak akan mematikan konsep wisata konvensional kita,” kata Zulkieflimansyah.

Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi NTB kian fokus dalam memperkuat penerapan konsep wisata halal guna mempersiapkan World Halal Tourism Summit tersebut.

Pada tahun 2015 lalu, NTB berhasil meraih penghargaan sebagai World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination dalam acara World Halal Travel Award 2015.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed