by

Cerita Srikandi PLN Terangi Desa Sebotok di Pulau Moyo

SUMBAWA – Menyinari sudut-sudut terpencil negeri merupakan panggilan misi bagi Srikandi PLN. Dengan semangat tak kenal lelah, Srikandi PLN membuktikan komitmennya dalam mewujudkan akses listrik yang merata, bahkan di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Salah satu contoh nyata dari semangat ini adalah perjuangan mereka dalam menerangi Desa Sebotok, sebuah Desa yang berada di Pulau Moyo dan kini menikmati nyala listrik 24 jam non-stop.

Srikandi PLN, yang diwakili oleh Eva Elfira Sitorus, Staf Transaksi Energi Listrik di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumbawa, bersama dengan timnya, telah berhasil menghadirkan terang listrik ke Desa Sebotok. Meski harus melewati perjalanan laut selama tiga jam dengan medan yang berat, kegigihan mereka tidak pernah luntur.

Sangat membanggakan melihat antusiasme masyarakat saat penyalaan listrik 24 jam di Desa Sebotok. Senyum kebahagiaan dan semangat yang terpancar dari masyarakat sungguh memotivasinya ‘’Ini adalah pencapaian besar bagi kita semua, dan kami berterima kasih atas perjuangan PLN dalam memastikan keandalan listrik di Desa Sebotok,” kata Eva dalam nada haru.

Kehadiran listrik di Desa Sebotok membawa dampak positif yang signifikan dalam berbagai sektor, seperti pendidikan, kesehatan, dan UMKM. Dalam bidang pendidikan, listrik memungkinkan penggunaan perangkat elektronik yang meningkatkan kualitas belajar dan akses informasi. Di sektor kesehatan, listrik mendukung penggunaan peralatan medis modern, penyimpanan obat yang lebih baik, dan pelayanan darurat yang lebih efisien. Sementara dalam sektor UMKM, listrik meningkatkan produktivitas dan inovasi produk. Secara keseluruhan, listrik membawa harapan baru bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Sebotok.

Ketua Srikandi PLN Unit Induk W Wilayah Nusa Tenggara Barat Alfi Laili Fauziah,, menyatakan bahwa para Srikandi PLN sangat antusias untuk ikut serta dalam penyediaan listrik bagi masyarakat. Sebagai bagian dari Srikandi PLN, mereka bangga bisa berperan aktif dalam penyediaan listrik bagi negeri. Terlibat dalam berbagai tahap, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. Komitmen untuk memastikan bahwa setiap daerah mendapatkan akses listrik yang layak, karena listrik adalah kebutuhan dasar yang penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. ‘’Dan kami yakin Srikandi PLN bisa,” ujar Alfi.

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo, mengatakan komitmen PLN dalam mendukung upaya pemberdayaan perempuan di dalam perseroan dan masyarakat luas. “Srikandi PLN punya peranan penting untuk mendorong persamaan hak perempuan dalam karir, keluarga, bahkan masyarakat,” ucap Sudjarwo.

Sudjarwo juga menambahkan, semangatnya adalah terus meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah kami. Srikandi PLN didukung untuk mengambil peran aktif dan penting dalam mewujudkan akses listrik. ‘’Yang merata bagi semua lapisan masyarakat,’’ kata Sudjarwo.

Keberhasilan penyalaan 24 jam di Desa Sebotok adalah bukti nyata bahwa dengan semangat, kesungguhan, dan kerjasama yang kuat, Srikandi PLN mampu menyebarkan terang listrik ke pelosok negeri, sejalan dengan semangat Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan membangun bangsa.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed