by

Lebih 6000 Unit Mobil Disiapkan Untuk Transportasi Penonton MotoGP

MATARAM – Untuk menanggulangi kemacetan perjalanan dari lima zona di Lombok asal 100 ribu orang penonton MotoGP ke Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok Tengah, telah disiapkan transportasi resmi sebanyak 291 unit bus yang terinci 20 bus muat 45 orang, 70 unit bus medium 30 seat, 194 unit bus micro 12 seat.

Lima zona asal tersebut adalah ex Bandara Selaparang dan Islamic Center di Mataram, Bangsal Lombok Utara, Gili Mas Lombok Barat, Labuan Kayangan Lombok Timur. Sedangkan untuk kebutuhan di dalam kawasan Mandalika dari parkir timur dan barat juga disiapkan 189 unit shuttle bus.

Kalau sewaktu World Superbike (WSBK) Nopember 2021 lalu semua penonton pemegang ticket digratiskan. ‘’Yang sekarang masih dalam pembicaraan,’’ kata DPD Organisasi Angkutan Darat Nusa Tenggara Barat Junaidi Kasum yang biasa dipanggil JK kepada Tempo, Sabtu 22 Januari 2022 sore.

Selain itu, Organda NTB juga mengusulkan pengusaha transportasi lokal terlibat melayani par penonton mulai dari 1.000an unit taksi Blue Bird, Express  dan Rangga serta taksi online selain angkutan sewa khusus (ASK)

Menurut JK, jumlah kendaraan ASK di daerah Lombok diperkirakan sekitar 2000 unit terdiri dari Avanza, Innova Reborn, Hi Ace, Fortuner, Alphard dan lainnya. Selebihnya kemungkinan didatangkan dari luar daerah seperti Bali dan Jawa.

Pengalaman sewaktu World Suprbike (WSBK) jika sehari-hari dalam keadaan normal tariff sewa Hi Ace seharinya Rp 1,2 juta pada saat hari penyelenggaraan balap bisa lebih dari Rp 2 juta  Innova Reborn yang smeula Rp 850 ribu sehari menjadi Rp 3 juta. Demikian pula Alphard yang semula Rp 3 juta melambung hingga Rp 8 juta – Rp 10 juta.

Pratama Tour yang sewaktu normal menyewakan Avanza Rp 500 ribu, Innova Reborn Rp 800 ribu, HI Ace Rp 1 juta dan Fortuner Rp 2 juta. Hitungannya per  harir maksimal 12 jam termasuk BBM dan supir. ‘’Tapi untuk MotoGP nanti belum ada kepastian harganya. Masih menunggu vendor,’’ kata CEO Pratama Tour Cahyadi Pratama.

Didik Rohmat Tri Saputra dari CV Surya Lombok Transport menjelaskan adanya pesanan 30 pengguna kendaraan. Tarifnya mulai dari Innova Reborn Rp1,2 juta termasuk BBM dan supir.. Hi Ace 16 seat disewakan Rp 2,5 juta, Fortuner Rp 5 juta. Alphard Rp 7 juta. ‘’Jumlahnya tidak terlalu banyak yang penting lancer,’’ ujarnya..

Ari Sopian dari Duta Lombok Tour and Travel menyebutkan Alphard, Fortuner, Innova Reborn, Avanza, Hi Ace. ‘’Kami menyiapkan 30 unit Alphard yang per unitnya sewanya Rp 6,5 juta per 12 jam,’’ ujarnya. Selain itu juga tersedia 10 unit Pajero yang harga sewanya Rp 2,5 juta Innova Reborn Rp 1,5 juta dan Avanza Rp 1 juta. ‘’Ini harga hari ini. Semakin dekat event nya semakin tinggi lagi harganya, ‘’ katanya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed