by

MGPA Gratiskan Masyarakat Nonton Track Day di Sikruit Mandalika

THE MANDALIKA – Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika mulai membuka gratis masyarakat yang ingin menonton TrackDay. Selama dua hari Jum’at – Sabtu 2 – 3 Juni 2023 kemarin, terbuka untuk menonton Track Day yaitu aktivitas pehobi ngebut menggunakan mobil dan motor di lintasan sirkuit Mandalika.

Menonton Track Day gratis di Pertamina Mandalika International Circuit ini berlaku bagi masyarakat lokal di Nusa Tenggara Barat (NTB), hingga masyarakat diluar pulau NTB dan wisatawan mancanegara. Penonton hanya akan dikenakan biaya parkir untuk dapat menyaksikan Track Day. Biaya parkir yang dibebankan kepada masyarakat yang menonton ini, akan dipergunakan untuk menjaga keamanan kendaraan serta kebersihan area sirkuit.

Direktur Utama ITDC Ari Respati menjelaskan bahwa nonton gratis Track Day ini, sebagai upaya optimalisasi sirkuit Mandalika yang menjadi sirkuit kebanggaan Indonesia, yang dapat dipergunakan dan dinikmati oleh pecinta motorsport dan tentunya bagi pecinta olahraga lainnya seperti lari marathon dan balap sepeda internasional.

Optimalisasi ini untuk meningkatkan semangat para pecinta motorsport dan olahraga lainnya dengan kecintaannya terhadap bidang olahraga yang ditekuni. Juga menjadi semangat mengelola sirkuit dan kawasan The Mandalika untuk meningkatkan kegiatan/event. Yang dapat memberikan manfaat dan multiplier effect bagi masyarakat sekitar kawasan The Mandalika dan masyarakat NTB,.” kata Ari Respati

Sirkuit Mandalika dikelola oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai bagian dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perusahaan member Injourney Group yang mengembangkan dan megelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika dan Pertamina Mandalika International Circuit di Kabupaten . Lombok Tengah.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan terbuka gratisnya Track Day ini ingin berbagi kebahagiaan dan pengalaman seru bagi masyarakat lokal di NTB, hingga masyarakat diluar pulau NTB dan wisatawan mancanegara untuk dapat menikmati momen dan kesempatan menonton gratis Track Day ini dengan sebaik-baiknya, dan setiap penyelenggaraan Track Day.

Kebijakan nonton gratis Track Day ini masih dalam tahap percobaan, akan melihat berbagai kekurangan dan kelebihan dalam penyelenggaraan event tersebut, untuk perbaikan yang lebih matang. Nonton gratis Track Day bagi masyarakat lokal di NTB, hingga masyarakat diluar pulau NTB dan wisatawan mancanegara hanya berlaku sementara. ‘’Dan sewaktu-waktu dapat berubah,’’ ujar Priandhi Satria.

Dan untuk event balapan resmi lainnya berlaku sesuai ketentuan penyelenggaraan event balap yaitu dengan dikenakan biaya menonton. MGPA saat ini sedang menggodok Standar Opersional Prosedur (SOP) bagi masyarakat atau penonton dalam menikmati event tersebut, dengan tujuan kedepan agar penonton dapat melakukan tour ke area paddock dan pit-lane.

Selama event Track Day akses masuk bagi penonton melalui gerbang Red Gate sebelah barat sirkuit Mandalika, dan penonton akan diarahkan untuk dapat menyaksikan Track Day di Grandstand K dengan panorama tikungan 16, yang terletak disebelah barat Paddock Pertamina Mandalika International Circuit.

Nonton gratis memenuhi banyaknya permintaan dari warga yang ingin menikmati suasana di Pertamina Mandalika International Circuit. Diharapkan masyarakat lokal NTB, hingga masyarakat diluar pulau NTB dan wisatawan mancanegara yang menonton gratis event Track Day ini, agar bersama-sama turut menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihan di area Pertamina Mandalika International Circuit, sehingga event dapat berlangsung dengan lancar dan aman.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed