by

Poltekpar Lombok Buka Kesempatan Tuna Rungu Kuliah Pariwisata

PRAYA – Politeknik Pariwisata Lombok (Poltekpar Lombok) yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, telah membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2023/2024 Jalur Mandiri yang diberi nama Seleksi Mandiri Masuk Poltekpar Lombok (SMM-PPL).

Pendaftaran bisa dilakukan selama 28 Mei – 30 Juni 2023 melalui link pendaftaran http://pmb.ppl.ac.id, dengan biaya pendaftaran Rp.250 ribu. ‘’Seleksi ini dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK sederajat, tanpa batasan tahun lulus. Sedikit kuotanya 132 orang,’’ kata Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Wijaya, Sabtu 3 Juni 2023 sore.

SMM-PPL ini menawarkan berbagai jalur pendaftaran seperti Jalur Prestasi, Jalur Wirausaha, Jalur Kerjasama, Jalur Destinasi Prioritas, Jalur Pemberdayaan Masyarakat, Jalur Dudika (Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja), Jalur Disabilitas khusus tuna rungu. ‘’Melalui SMM-PPL ini pendaftar dapat memilih empat Program Studi yang ada di Poltekpar Lombok,’’ ujarnya. Yaitu D3 Tata Hidang, D3 Divisi Kamar, D3 Seni Kuliner, dan D4 Usaha Perjalanan Wisata.

Jalur Seleksi Mandiri Masuk -SMM Poltekpr Lombok sebagai berikut : 1 Reguler – Umum. 2. Khusus – Prestasi, Wirausaha, Kerjasama, Destinasi Prioritas Pariwisata, Pemberdayaan Masyarakat, Dunia Usaha-Dunia Industri-Dunia Kerja, dan Difabel. ‘’Untuk kuota masing masing masih di hitung kepastianya,’’ ucapnya.

Poltekpar Lombok didirikan  untuk dapat menghasilkan generasi-generasi pariwisata yang siap bekerja secara professional, berwirausaha, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya dengan kurikulum yang dirancang khusus berstandar global

Setelah berusia enam tahun yang memiliki kompleks pendidikan di Puyung Praya Kabupaten Lombok Tengah ini, akhir tahun 2022 lalu menerima akreditasi hotel di ASEAN sehingga bisa menempatkan alumninya sebagai tenaga kerja perhotelan di 10 negara ASEAN.

Ini jika dibandingkan  usia Poltekpar NHI Bandung yang sudah 64 tahun, Poltekpar Bali 44 tahun, dan Poltekpar Makassar 30 tahun, Poltekpar Lombok tidak dianggap sebagai balita. Sebanyak 985 orang alumninya selama tiga kali wisuda, 2020 – 2022 melalui carrier expo sudah diserap bekerja di berbagai perusahaan.

Bahkan, sebanyak 48 mahasiswa juga mendapatkan kesempatan magang di Lexis Malaysia. ‘’Semua ditanggung. Tanpa mengeluarkan biaya,’’ ujarnya. Selain itu, Poltekpar Lombok juga dipercaya menjadi perguruan tinggi pariwisata yang ditunjuk menjadi lokasi belajar mahasiswa asal Jerman.

Poltekpar Lombok adalah satu dari enam perguruan tinggi pariwisata negeri di Indonesia yang dibawahi Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif. Poltekpar Lombok mendapatkan tugas membawahi wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur hingga Maluku dan Maluku Utara. Pemerintah juga akan menambah tujuh perguruan tinggi baru antara lain di Sragen, Labuan Bajo, Malang sehingga Poltekpar Lombok akan fokus di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Poltekpar Lombok juga memiliki hotel DE Balen Soultan di kampusnya yang telah diresmkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, 5 Maret 2023 lalu.

Lokasi hotel ini berada di sebelah kanan depan dari gedung Kulliah Terpadu. Nama hotel ini perpaduan dari Lombok dan Sumbawa. De Balen dari Lombok yang berarti rumah dan Soultan dari Sumbawa yang berarti raja. Walaupun baru diresmikan, termasuk hotel bintang 3, sudah berulang kali menerima tamu menginap.

Hotel enam lantai de Balen Soultan Hotel memiliki fasilitas lebih dari bintang 3 fasilitas dan perlengkapannya hotel memiliki 59 kamar, terdiri dari Superior 29 kamar, Deluxe 12 kamar, Junior Suit 9 kamar, Famili Suit 8 kamar, dan Presiden Suit 1 kamar. Selain itu memilki 3 medium size meeting room dan 3 small size meeting room. Dilengkapi dengam swimming pool dan coffee shop di lantai 6 dan lounge di lantai 1.

Hotel memiliki 6 lantai ini terinci lantai 1 lobby lounge dan meeting room, lantai 2 ada 5 kamar. Lantai 6 coffee shop atau restaurant. ‘’Hotel ini termasuk bisnis hotel dan pembangunannya dari alokasi anggaran APBN yang langsung dari Kemenparekraf,’’ ujar Herry Rchmat Widajaj

Sampai awal tahun 2023 lalu, Poltekpar Lombok memiliki 1019  orang mahasiswa aktif dan jumlah alumni yang sudah diwisuda tahun 2020 sebanyak 314 orang dan tahun 2021 sebanyak 341 orang dan 2022 sejumlah 293 orang.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed