by

Pertamina Menambah Pasokan LPG 3 Kg Subsidi

MATARAM – Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyiapkan tambahan pasokan LPG 3 Kg subsidi guna memenuhi peningkatan kebutuhan di masa Ramadhan  dan Idul Fitri di Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya di wilayah Kabupaten Sumbawa serta Kota/Kabupaten Bima yang mengalami peningkatan konsumsi yang signifikan.

Kenaikan konsumsi LPG 3 kg  tersebut disebabkan oleh permintaan yang meningkat  di masyarakat pada masa libur hari raya keagamaan, bulan Ramadhan dan musim tanam yang terjadi dalam waktu yang berdekatan,” kata Manager Communication Relation Ahad Rahedi pada Jumat 15 Maret 2024.

Selain itu peningkatan konsumsi  LPG 3 kg juga terjadi pada sektor bisnis  UMKM yang penjualan atau produksinya turut meningkat dalam masa bulan suci Ramadhan ini. Peningkatan konsumsi terbanyak terdapat di kota/kabupaten Bima, Kab.Dompu,Kab Sumbawa dan Kab Sumbawa Barat,” ujar Ahad.

Menyikapi laporan kekurangan stok LPG 3kg subsidi di beberapa wilayah tersebut, Pertamina telah melakukan  pendistribusian LPG dengan fokus di wilayah yang mengalami kekurangan dan melaksanakan monitoring stok  di agen dan pangkalan resmi secara berkala.

Koordinasi juga terus dilakukan Pertamina dengan Pemda setempat  salah satunya melalui kegiatan sidak LPG  ke lapangan dimana dalam sidak tersebut masih banyak ditemukan harga LPG yang melebihi Harga Eceran Tertinggi  (HET) yang ditetapkan pemerintah pada level pengecer.  Untuk di  pangkalan resmi Pertamina sendiri harga LPG 3 kg subsidi masih  sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah yaitu  Rp18.500.

Untuk memastikan kebutuhan masyarkat terpenuhi jelang bulan ramadhan kali ini Pertamina telah melakukan tindakan antisipasi berupa penambahan pasokan atau extra dropping yang disalurkan secara bertahap yakni  pada  tanggal 18 Februari  lalu sejumlah total 8400 tabung untuk penyaluran di wilayah Kabupaten Dompu sebanyak 2800 tabung, Kota Bima 1680 tabung dan Kabupaten Bima sebanyak 3920 tabung.

Selanjutnya pada  9 Maret 2024,  Pertamina kembali melaksanakan penambahan penyaluran sejumlah  16.600 tabung untuk pulau Sumbawa  dengan alokasi Kab Sumbawa Barat 1680 tabung, Kab Sumbawa 5960 tabung, Kab Dompu 3360 tabung, Kota Bima 1680 tabung dan Kab. Bima 3920  tabung.

Penambahan pasokan LPG 3 kg subsidi berikutnya dijadwalkan sekitar tanggal 15 – 17 Maret sejumlah total  16.600 tabung  atau sekitar 51% dari konsumsi harian normal, dengan pembagian sebanyak 1.680 tabung untuk wilayah Kab. Sumbawa Barat, 5.400 tabung untuk Kab. Sumbawa, 1.680 tabung untuk Kab. Dompu, 2.240 tabung untuk Kota Bima dan sejumlah 5.600 tabung untuk Kab. Bima.

”Untuk pendistribusian tambahan pasokan LPG 3 Kg  berjalan normal,  mulai dari Fuel Terminal ke Agen Pertamina sampai dengan pangkalan resmi  berjalan lancar. Pertamina terus berupaya untuk memastikan penyaluran tepat sasaran, dan mengimbau warga untuk membeli LPG di pangkalan resmi Pertamina menggunakan KTP mengikuti edaran Pemerintah guna menyukseskan program Subsidi Tepat LPG 3 kg serta meminimalisir kekurangan stok LPG” ucap Ahad.

 

SUPRIYANTHO KHAFID

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed