by

PLN Siapkan Pengamanan Khusus di Lokasi Pemilihan dan Perhitungan Suara

MATARAM – Hari H Pemilihan Umum 2024, PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat memastikan keandalan kelistrikan dalam mendukung kelancaran proses demokrasi. Dalam upaya mendukung pemilu yang aman dan lancar, PLN telah menyiapkan pengamanan khusus di lokasi pemilihan dan perhitungan suara di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) (14/2).

General Manager PLN NTB, Sudjarwo, menyebutkan PLN memahami betapa krusialnya kelancaran listrik selama Pemilihan Umum. ‘’Oleh karena itu, kami telah menyiapkan pengamanan khusus di lokasi pemilihan dan perhitungan suara untuk memastikan pasokan listrik tetap andal dan stabil.” kata Djarwo.

Dengan didirikannya pos-pos pengamanan khusus, PLN berkomitmen untuk mencegah potensi gangguan listrik yang dapat menghambat jalannya proses pemilihan. Sudjarwo menambahkan, “Kami telah menempatkan personel PLN di setiap pos pengamanan ini untuk merespons dengan cepat setiap situasi yang berkaitan dengan pasokan listrik selama Pemilu.” Tambah Djarwo.

PLN NTB juga merinci bahwa seluruh pos pengamanan ini akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis seperti pusat pemungutan suara, kantor-kantor pemerintah, dan tempat perhitungan suara. Sudjarwo menekankan, “ada 240 lokasi yang menjadi prioritas pengamanan pemilu 2024 ini. kami memastikan bahwa setiap lokasi mendapatkan pasokan listrik yang andal selama proses Pemilu berlangsung.” ujar Djarwo

Selain itu PLN juga memastikan semua sisi baik Distribusi, Transmisi, maupun Pembangkit andal selama Pesta Demokrasi 2024. Salah satunya adalah sistem transmisi dimana NTB terhubung dalam Sistem Transmisi pada 2 sistem kelistrikan di NTB, yakni Sistem Lombok (di Pulau Lombok termasuk Lombok Barat, Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara) dan Sistem Tambora (di Pulau Sumbawa yang meliputi Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Dompu dan Bima) dengan total panjang 752.8 Kms  yang dikelola 4 ULTG besar. Jauh sebelum Pemilu, PLN telah melakukan pemeliharaan peralatan transmisi guna memastikan semua sistem transmisi andal pada hari pemungutan suara.

Pada Pemilu 2024 ini PLN menyiapkan 163 Posko Siaga Keandalan dengan rincian Posko Siaga Pembangkit di 32 lokasi, Posko Siaga Transmisi di 29 lokasi, Posko Siaga Pengatur Beban di 2 lokasi, Posko Siaga Distribusi 100 lokasi, dan satu lokasi Posko Siaga Icon+.

Dengan semua dukungan yang dilakukan PLN berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar. “kepada seluruh masyarakat kami mengucapkan selamat melaksanakan Pesta Demokrasi. Semoga pemilu 2024 dapat berjalan aman dan lancar dengan pasokan listrik yang andal.” ucap Djarwo.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *