by

Wisata Alam ke Bukit Leddu dan Bukit Batu Gendang

MATARAM – Di Kabupaten Lombok Barat, ada Desa Giri Sasak. Lokasinya berada dalam jangkauan 15 menit atau sekitar 11 kilometer arah ke timur dari Kota Gerung – ibukota Lombok Barat.  Di sana terdapat Bukit Leddu dan Batu Gendang yang memiliki pemandangan alam Gunung Sasak.

Bukit Leddu – dari nama lokal kala jengking yang dulunya banyak ditemui di situ. Luasnya sekitar satu hektar. Sedangkan Bukit Batu Gendang, karena terdapat lima batu besar – besar yang riwayatnya dulunya banyak ditemui monyet yang memukul – mukul batu tersebut. Luas Bukit Batu Gendang tiga hektar.

Kedua bukit ini berjarak sekitar 100 meter. Pengunjung bisa langsung mencapai areal Batu Gendang. Sedangkan ke Bukit Ledu menapaki tangga setinggi 50 meter.

Di sana, lembah, bukit yang teduh di antara pepohonan dan hamparan sawah menjadi daya tarik wisata alam. Di sana sudah ada home stay dan vila untuk pengunjung yang ingin bermalam dan merasakan dinginnya udara di kaki pegunungan tersebut. ”Pengunjung bisa melakukan jelajah alam,” kata Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saepul Akham, Jum’at 16 Juli 2021.

Desa wisata ini yang dirintis warga sejak 2019 ini dilengkapi jalur tangga pendakian ke tempat  foto selfi. Masing-masing di Bukit Leddu dilengkapi tujuh berugak – tempat duduk-duduk khas Sasak yang memiliki empat tiang dan beratap – dan Bukit Batu Gendang yang dilengkapi 10 berugak

Disini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam Gunung Sasak dengan rindangnya pepohonan. Selain itu juga ada lembah dan perbuktian serta persawahan yang menjadi daya tarik spot wisata yang dirintis oleh warga Desa Giri Sasak ini. Di spot wisata ini juga tersedia homestay dan vila untuk para pengunjung yang ingin bermalam dan merasakan dinginnya kaki pegunungan.

Kawasan wisata di Giri Sasak ini sangat ramai dikunjungi setiap harinya. Pada akhir pekan. sekitar 300 – 400 orang yang berwisata tanpa dipungut biaya masuk cukup membayar parkir saja. Pihak desa sementara ini hanya menarik tarif parkir untuk pengamanan kendaraan para pengunjung.

Mereka yang datang tidak hanya dari daerah sekitar. Namun dari berbagai daerah di luar Kecamatan Gunungsari, Kediri, Gerung, hingga Sekotong. Pengunjung dari luar Lombok Barat pun banyak berdatangan, seperti Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Mataram.

Menurut Kepala Desa Giri Sasak Hamdani, kini, di Bukit Leddu ada lima unit dari rencana tujuh unit vila penginapan yang akan dibangun. Ada kolam pemandian ukuran sembilan meter kali 10 meter untuk anak – anak dan ukurang delapan meter kali 10 meter untuk dewasa.

Rencananya, memnggunakan dana desa juga akan membangun kolam pemandian di Batu Gendang yang menggunakan dana desa sekitar Rp 400 juta, ” ucap Hamdani.

Tak hanya persawahan, pengunjung bisa mengetes adrenalin karena melalui jalur menanjak perbukitan dengan pemandangan tak kalah indahnya. Setelah itu tiba di daerah dataran rendah, pengunjung kembali disuguhkan persawahan warga yang hijau royo-royo. Pengunjung dari Lombok Tengah juga mudah ke lokasi wisata juga karena dekat dengan perbatasan.

Untuk bisa ke lokasi wisata ini, pengunjung bisa melalui beberapa jalur. Pengunjung yang tiba dari Bandara International Lombok bisa langsung mengikuti jalur ke Lombok Barat – Mataram. Setiba di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Tengah.

Bisa juga melalui jalur kantor Bupati Lombok Barat di Giri Menang menuju Aik Ampat ke Tempos langsung menuju lokasi. Alternatif akses jalan yang lumayan bagus bagi penghobi sepeda, bisa melalui jalur Jembatan Gantung Lembar, lalu menuju Giri Tembesi langsung menelusuri jalan aspal mulus sepanjang dua atau tiga kilometer. Jalan ini melewati persawahan warga yang bisa memanjakan mata pengunjung.

Pagi tadi, di Bukit Leddu dan Batu Gendang, Desa Giri Sasak, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Dinas Pariwisata Lombok Barat melakukan aksi mingguan berwisata sambil bersih-bersih kawasan wisata.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed