by

Jemaah Haji Embarkasi Lombok Terbang Menuju Tanah Suci

PRAYA – PT Angkasa Pura I Bandara Lombok memulai operasional penerbangan haji tahun 1445 Hijriah/2024, Ahad 12 Mei 2024. Sebanyak 393 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) diterbangkan dari Bandara Lombok langsung menuju Madinah, Arab Saudi tepat pada pukul 09.54 WITA.

Penerbangan haji kloter pertama embarkasi Lombok berjalan dengan lancar. Jemaah haji asal Kota Mataram ini diterbangkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia bernomor registrasi PK-GIK jenis Boeing 777-300ER nomor penerbangan GA5101.

General Manager PT Angkasa Pura I (AP I) Bandara Lombok Minggus E.T. Gandeguai mengatakan total jemaah haji embarkasi Lombok tahun ini berjumlah 4.848 orang dan terbagi dalam 13 kloter. Kepulangan jemaah haji NTB tahun ini dijadwalkan pada 22 Juni 2024 hingga 9 Juli 2024. Seluruh penerbangan haji embarkasi Lombok dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat jenis Boeing 777-300ER .

PT AP I selaku pengelola Bandara Lombok bersama seluruh stakeholder terkait telah menyiapkan semua hal yang diperlukan untuk mendukung kelancaran operasional angkutan ibadah haji tahun ini.

AP I Bandara Lombok memastikan kesiapan personel dan fasilitas serta peralatan pendukung operasional penerbangan haji tahun ini bersama Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Perum LPPNPI Cabang Lombok, Kementerian Agama NTB, Kantor Imigrasi, Kantor Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Perum Damri, TNI/Polri, dan pihak terkait lainnya untuk memastikan penerbangan haji dari Bandara Lombok berjalan lancer. ‘’Dengan mengedepankan prinsip keselamatan, keamanan, dan pelayanan,” kata Minggus.

Selain itu, manajemen Bandara Lombok menempatkan 10 personel Airport Security (Avsec) beserta peralatan pendukungnya untuk memeriksa keamanan penumpang beserta barang bawaannya di Asrama Haji Lombok, Kota Mataram. Dengan dilakukannya proses screening di Asrama Haji Mataram, maka saat tiba di bandara jemaah haji dapat langsung boarding ke dalam pesawat.

Ap I berharap seluruh kegiatan operasional penerbangan haji tahun ini berjalan dengan baik dan lancar. Semoga para jemaah pulang kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur,” ujar Minggus.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed