by

Poltekpar Lombok Buka Jurusan Spesial Events

PRAYA – Tahun akademik 2022-2023, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok membuka dua program studi baru. Dua program tersebut D4 Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan dan D4 Sarjana Terapan Pariwisata Program Studi Spesial Events.(catatan : sudah sayaa konfirmasi tulisan spesial bukan special baru usulan)

Diprediksi oleh para pelaku industri pariwisata, akan menjadi program studi favorit dan andalan di Nusa Tenggara Barat atau NTB dalam mendukung perhelatan MotoGP, WSBK  dan event-event pariwisata di NTB dan Indonesia.

Mengawali rencana pembukaan kedua program studi tersebut telah dilkaukan kerja sama dengan asosiasi dan pelaku industry event. Penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding – MoU telah dilakukan secara langsung maupun daring, oleh Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaya, Kamis 14 April 2022.

Ada empat mitra baru Poltekpar Lombok yang mendukung program strudi baru tersebut yaitu Idonesia Event Industry Council (IVENDO) NTB,  Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) NTB. Jember Fashion Carnaval (JFC) dan Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari).

Sebelumnya, Poltekpar Lombok sudah melakukan kerja sama dengan Politeknik Pariwisata Prima Internasional, PT Aerofood Indonesia Unit ACS Lombok dan Indonesian Food and Beverage Executive Association (IFBEC) NTB.

Direktur Poltekpar Lombok Lombok Herry Rachmat Widjaja menyampaikan rasa syukurnya mendapatkan dukungan Dinas Pariwisata NTB, Dinas Pariwisata Lombok Tengah, khususnya Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah. ‘’Terima kasih juga kepada IVENDO, INCCA, JFC dan AKARI sebagai mitra Poltekpar Lombok,’’ katanya.

Dalam pantunnya, Herry Rachmat Widjaja mengatakan Berkolaborasi bukanlah berkoncoisme, berkolaborasi melahirkan inovasi. Mari bersama bangun pariwisata NTB yang berdaya saing internasional.

Kampus dengan tagline “A World Class Tourism Polytechnic” ini terus meningkatkan kerja sama sampai dengan bulan April 2022, sudah 66 MoU kerja sama dengan berbagai pihak, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, begitupun dengan pihak industri pariwisata. Poltekpar Lombok memiliki tanggung jawab mencerdaskan anak bangsa melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Poltekpar Lombok menekankan pada mahasiswa memiliki kemampuan, keterampilan, dan keahlian dibidang vokasi kepariwisataan .

Menurut Pembantu Direktur Akademik Anas Pattaray,  Tahun 2022 ini adalah tahap pengembangan pengembangan Poltekpar Lombok setelah melewati tahap pengenalan dan eksplorasi 2016- 2021. Tahun 2022 telah dilakukan kerja sama yang saling mengutungkan kedua belah pihak.

Dalam pengembangan ke depan Poltekpar Lombok terus memantapkan dirinya menjadi pendidikan vokasi Sarjana Terapan Pariwisata andalan NTB bahkan Indonesia di bawah Kemenparekraf RI.

Program Studi D4 Sarjana Terapan Pariwisata Spesial Events Poltekpar Lombok hadir untuk menjawab betapa pentingnya SDM andal, unggul, dan berdaya saing Internasional dalam mendukung keberadaan sports events dan Destinasi Super Prioritas di Kawasan Mandalika, Lombok Tengah.

Asosiasi dan industri pariwisata NTB sangat mendorong hadirnya Program Studi Spesial Events di Poltekpar Lombok. ‘’14 April 2022 adalah momen isitimewa bagi Poltekpar Lombok melangkah maju bersama stakeholder industri dan asosiasi yang bergerak di bidang event selama ini,’’ ujar Anas Pattaray.

Kehadiran mitra ini disebutnya memberikan motivasi bagi seluruh sivitas akademika Poltekpar Lombok lebih-lebih jajaranan pimpinan. Tidak tanggung-tanggung menghadirkan Jember Fashion Carnaval (JFC) yang bergerak dalam event internasional baru-baru ini mendampingi Presiden Joko Widodo di Dubai UEA dalam event dengan  tema “Indonesia the Land of Diversity”.

JFC dikutip oleh Anas Pattaray hadir mendukung dan memberikan rekomendasi dan menandatangani MoU  secara  online bersama AKARI  yang meyakini Poltekpar Lombok adalah satu-satunya Program Studi Spesial Events di Indonesia. Ketua Umum DPP AKARI dan Budi Setiawan selaku President JFC mendukung memberikan rekomendasi dan  menandatangani MoU untuk mendukung Program Studi Spesial Events ini.

Poltekpar Lombok memperoleh dukungan istimewa dari IVENDO dan INCCA yang bergerak dalam event dan kongres dan konvensi  yang ada di NTB. Hadir langsung  Ketua DPD INCCA NTB Muhammad Nur Haedin dan KETUA DPD IVENDO NTB Muhammad Sasmihardi  dengan memberikan pandangan program studi ini mestinya sudah hadir sejak dulu dan harus ada di NTB dan menyakini akan sangat dibutuhkan di NTB  untuk menangani events berstandar nasional dan internasional yang sudah ada di NTB.

Baik Ketua DPD INCCA NTB Muhammad Nur Haedin maupun Ketua DPD IVENDO NTB Muhammad Sasmihardi memberikan dukungan, dorongan, dan bahkan memberikan dukungan dalam MoU dan Surat Rekomendasi hadirnya Program Studi  Spesial Events di Poltekpar Lombok.

Ketua INCCA NTB Muhamma Nur Haedin alias Edo mengatakan membantu dalam masalah proses pengajaran, penelitian dan monitoring mahasiswa magang di perusahaan event organizer.  ‘’Dukungan kami menjadi prasyarat kehadiran program studi  baru ini,’’ ucap Edo yang mengelola bisnis MICE (meeting,incentive, convention, exhibition).

Sedangkan Ketua IVENDO (Industri Event Indonesia) NTB Muhammad Sasmihardi menyebutkan INVENDO sebagai salah satu wadah pekerja event yang ada di Lombok memberikan dukungan. ‘’Salah satu syarat membuka prodi baru harus ada dukungan dari stakeholder/industri/asosiasi terkait,’’ katanya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed