by

Petang Nanti, Tim Pembalap dan Logistik MotoGP Datang Berurutan

MATARAM – Secara berurutan Tim Pembalap dan Logistik MotoGP yang akan mengikuti tes pra musim adan tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL). Secara terpisah, Tim Pembalap akan tiba menggunakan dua pesawat carter dari Kuala Lumpur. Sedangkan dua pesawat peswat pengangkut logistik tiba dalam dua hari yang berbeda.

Humas PT Angkasa Pura I – BIL Arif Haryanto menjelaskan kedatangan tim pembalap dan logistiik tersebut kepada Tempo, Ahad 6 Pebruari 2022 malam. ‘’Pesawat lagistiknya akan datang Senin malam dan besok Selasa siang,’’ katanya Arif Haryanto.

Logistik yang akan digunakan untuk mengikuti tes pra musim di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang pertama diangkut Qatar Airways QR8496 Boeing 777F dari Kuala Lumpur tiba Senin 7 Pebruari 2022 pukul 20.30 Waktu Indonesia Tengah (WITA).  Sedangkan yang kedua, diangkut Qatar Airways QR8394  Boeing 747F juga dari Kuala Lumpur tiba Seelasa 8 Pebruari 2022 pukul 12.10 WITA.

Adapun ofisial dan kru balap, akan tiba menggunakan dua charter flight maskapai Malaysia Airlines pada 7 Februari 2022 tiba pukul 16.00 WITA membawa sebanyak 261 orang, dan pukul 18.00 WITA ada sebanyak 242 orang.

Menyambut diselenggarakannya tes pra musim MotoGP di Sirkuit Mandalaika tersebut, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansya melalui keterangan persnya mengatakan Mandalika 100 persen siap untuk Pre-Season MotoGP 2022. ‘’Sirkuit kebanggaan Indonesia, 100 persen siap digunakan untuk Pre-Season MotoGP pada tanggal 11-13 Februari mendatang,’’ ujarnya.

Sejauh ini 100 persen sudah sangat siap. Untuk sekarang, yang sedang didorong ‘’beautifikasi” di sekitar sirkuit. Beautifikasi yang dimaksud bertujuan untuk menjadikan sirkuit Mandalika sebagai sirkuit jalanan yang paling indah di dunia.“Beautifikasi ini sebagai ‘positioning’ bahwa ‘Mandalika is the most beautiful street circuit in the world’,’’ ucapnya.

Diakuinya eksotisme dan keindahan sirkuit ini luar biasa kemudian didukung dengan kondisi lingkungan sekitarnya yang juga dipercantik. Selain itu, jalur di sekitar sirkuit Mandalika akan diperluas menjadi dua jalur agar tidak terjadi kemacetan saat perhelatan MotoGP.

Jalan di sekitar sirkuit yang tadinya satu jalur diperluas menjadi dua jalur sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk menghindari traffic jam ketika MotoGP tersebut berlangsung. ‘’Mudah-mudahan akhir Februari semuanya sudah tuntas,” kata Zulkieflimansyah.

Di sektor kesehatan, Zulkieflimansyah  menyebutkan kesiapan Provinsi Nusa tenggara Barat sudah cukup baik, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19. Walaupun senang menjadi host dari international event seperti MotoGP, tapi selalu menekankan bahwa masih di masa pandemi, sehingga protokol kesehatan tetap harus diterapkan, travel bubble juga pada pre-season ini sudah diberlakukan. Untuk vaksinasi di Lombok, dosis 1 maupun dosis 2 sudah di atas 80 persen sisanya akan terus didorong agar semua daerah di NTB bisa mencapai 100 persen.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed