by

Fasilitas Marshal Sirkuit Mandalika Diperiksa Kesiapannya

MANDALIKA – Empat hari menjelang diseleenggarakannya tes pra musim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street irccuit, hari ni Senin 7 Pebruari 2022 seluruh kelengkapan tugas diperiksa.

Direktur Utama Mandalika GrandPrix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelskan adanya pemeriksaan tersebut melalui WA, Senin 7 Pebruari 2022 pagi.

Ditulisnya bahwa Lead Marshal MGPA yang akan bertugas pada sesi MotoGP Mandalika Official Test 2022 melakukan pemeriksaan kesiapan berbagai alat – alat tugas untuk petugas bendera, petugas track marshal dan lainnya. ‘’Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan fisik serta jumlah yang diharuskan oleh pihak FIM dan DORNA,’’ katanya.

Test pra musim MotoGP yang akan berlangsung di Srikuit Mandalika, 11 – 13 Februari 2022. Di sini akan ditentukan segala kesiapan para pebalap hingga fasilitas motor balap yang akan digunakan selama semusim mendatang.

Sebagai sirkuit baru yang memiliki standar A Internasional, test pra musim akan menguji segala kemampuan pebalapnya, helm dan pakaian pebalap dan onderdil. Sebagai sirkuit yang dijuluki oleh Doorna sebagai sirkuit super save,  test pra musim ini akan menentukan hasilnya yang akan digunakan selama semusim.

Di sirkuit Mandalika ini terdapat 17 tikungan yang terdiri dari 11  tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Adamya 17 tikungan ini merupakan ciri khas sirkuit ini yang juga mengungguli sirkuit lainnya di dunia. Sebab, rata-rata sirkuit di dunia, jumlah tikungannya antara 14-15 tikungan saja.

Waktu itu, Mick Doohan saat menghadiri Pre-Launching Mandalika Grand Prix Associaton, 23 September 2021 dikutip mengatakan : Saya takut pembalap tak bisa membedakan mana balap mana liburan. Karena konsep sirkuit Mandalika ini bisa dibilang wisata balapan, jadi di sini pembalap, penonton dan semua yang terlibat dalam MotoGP Mandalika ini bisa menikmati suasana konsep sirkuit yang menempel dengan pantai ini,” kata Doohan sebagaimana dilansir themandalikagp.com, Sabtu (25/9).

Lebih lanjut, pembalap dengan prestasi juara dunia pada MotoGP 1994-1998 itu menilai Sirkuit Mandalika begitu menantang. Komentar itu tentu disampaikannya setelah melihat desain dan layout sirkuit tersebut.

“Setelah melihat simulasi lintasan dan layoutnya ini sangat hebat. Ini adalah lintasan cepat yang artinya balapan akan hebat hebat dan menarik bagi para pembalap,” kata Doohan.

Menurut Doohan karakteristik Sirkuit Mandalika menantang perubahan yang sangat cepat dari titik ke titik lainnya. Ini diprediksinya menawarkan sensasi membalap dengan kompetisi sangat sengit.

“Perubahan terjadi secara cepat dari satu titik ke titik lainnya, artinya akan berlangsung balapan yang sangat ketat. Pemenangnya akan ditentukan pada lap terakhir. Sangat menarik,” tambah Doohan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed