by

Pemeliharaan Terencana Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Paokmotong

MATARAM – Untuk meningkatkan layanan pasokan listrik di pulau Lombok, PLN Unit Pelaksana Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (ULPL TD) Paokmotong melakukan pemeliharaan terencana untuk menjaga performa mesin atau yang dikenal dengan istilah preventive maintenance.

Preventive Maintenance ini adalah salah satu jenis pemeliharaan dengan tujuan mengedepankan pencegahan terjadinya kerusakan peralatan atau engine. Caranya dengan melakukan pemeliharan rutin yang pelaksanaannya mengacu pada waktu atau jam kerja.

“Pemeliharaan kali ini dilakukan pada peralatan pengolahan bahan bakar Marine Fuel Oil di Unit 3 di ULPL TD Paokmotong, ” kata Manager PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Lombok Nyoman Satriyadi Rai, Rabu 21 Juli 2021.

Di Paokomotong sendiri, saat ini terdapat tiga buah mesin yang terinterkoneksi dengan sistem kelistrikan Lombok. Total daya mampu yang dihasilkan di PLN ULPL TD Paokomotong ini adalah sebesar 15 MW.

Untuk diketahui, kondisi beban puncak per tanggal 20 Juli 2021 ini adalah 242,5 MW. Daya mampu yang tersedia 305 MW. Terdapat cadangan daya sebesar 62,5 MW yang dapat dioptimalkan oleh masyarakat.

Menurut Nyoman Satriyadi Rai, saat ini, pembangkit di Paokmotong dalam posisi stand by. Namun, harus tetap menjaga performance mesin untuk antisipasi apabila terjadi kerusakan di unit yang lain

Ia juga menjelaskan bahwa tak hanya di PLN ULPL TD Paokmotong saja, pemeliharaan ini secara rutin dilaksanakan di seluruh unit mesin pembangkit yang ada di pulau Lombok.

Seluruh pekerjaan pemeliharaan pun juga tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19. “Keselamatan pegawai adalah prioritas utama. Hal itu sudah menjadi komitmen kami dalam setiap pelaksanaan pekerjaan,” ujar Nyoman Satriyadi Rai.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed