by

Wisata Alam di Embung Gumbang Ganang Dalam Kawasan Pohon Purba

SAMBELIA – Di Lombok, yang disebut embung ini adalah kolam penampungan air untuk keperluan irigasi. Di desa Obel Obel, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur ada embung Gumbang Ganang yang dijadikan obyek wisata mata air.

Gumbang berarti penampungan air dan Ganang adalah nama kayu dari pohon purba yang berusia ratusan tahun yang terdapat di sekitarnya. Luas embung ini sekitar satu hektar namun yang sudah dikelola setengah hektar. Di sana, sebagaai sarana wisata dilengkapi oleh wahana perahu dan bebek-bebekan.

Gumbang Ganang terletak sekitar 300 meter dari pantai Aik Seram. Terpisah oleh jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara di pantai utara pulau Lombok. Airnya sejuk berasal dari aliran sungai kecil di sekitar pohon purba yang diameter lingkarannya 2 – 3 meter bahkan ada yang enam meter. ”Kalau hari libur pengunjungnya bisa mencapai 500 orang,” kata Kepala Urusan Pereencanaan Kantor Desa Obel-Obel Srinom, 45 tahun.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Maju Bersama Deri Miswara Arya Obira, 24 tahun, menyebutkan keberadaan 200an pohon purba ini sejak zaman leluhurnya. ”Cerita drai kakek saya gumbang ganang ini di bangun oleh kakeknya,” ujar Deri.

Sebagai pendukung pendapatan keuangan desa ini, pengunjung dikenai biaya masuk Rp 3 ribu per orang. Namun, tidak diberlakukan ketat sebab tidak seidkit yang berkelompok satu kendaraan hanya dineai biaya masuk Rp 15 ribu. ”Kalau libur lebaran bisa dapat Rp2,5 juta hingga Rp 5 juta,” ucapnya. Ini termasuk pendapatan penyewaan wahana perahu dan bebek-bebekan.

Demi menata obyek wisata alam ini, PLN Peduli mendukung pengembangan destinasi Gumbang Ganang menjadi penyuntik semangat pokdarwis Maju Bersama. Hadirnya PLN Peduli dalam penataan destinasi dan menghadirkan wahana – wahana untuk mendukung konsep wisata keluarga ini, tentu saja sangat berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar.

Manager Perizinan dan Komunikasi PLN UIP Nusra Prapsakti Wahyudi,, pada kesempatan yang berbeda menyampaikan  apresiasi yang luar biasa kepada Pokdarwis Maju Bersama.

Perkembangan destinasi Gumang Ganang sangat melegakan merupakan wujud nyata peran PLN kepada masyarakat. ”Yng hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat disana,” kata Prapsakti.

Prapsakti juga menambahkan bahwa pihaknya memberikan perhatian kepada upaya pengembangan sektor yang menghasilkan untuk meningkatkan geliat ekonomi, baik itu sektor wisata ataupun sektor yang lainnya.. Terlebih lagi pengembangan dilakukan dengan skema pemberdayaan masyarakat.

PLN Peduli berusaha mengajak masyarakat untuk ikut serta melestarikan kawasan hutan yang berada di sekitar Gumang Ganang, melalui pendekatan destinasi yang berwawasan lingkungan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed