by

ITDC Bangun Akses Jalan ke Kuta Beach Park

MANDALIKA – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourisme Development Corporation – ITDC membangun dua akses jalan menuju Kuta Beach Park atau KBP di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika. Kedua akses jalan ini merupakan penghubung jalan provinsi disisi barat dan timur menuju KBP.

KBP merupakan area wisata dan rekreasi bagi wisatawan yang terletak di pinggir pantai Kuta Mandalika. Area ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti arena bermain anak-anak, toilet berikut ruang bilasdan loker, termasuk toilet bagi penyandang disabilitas, serta sebuah plaza terbuka yang bisa digunakan sebagai panggung penyelenggaraan event.

Selain itu di KBP juga terdapat gedung Balawista (Balai Penyelamatan dan Pengamanan Wisata) dengan fungsi sebagai pos penyelamatan, pos kesehatan, pusat informasi wisata, dan pengamanan pantai, yang dilengkapi Warning Receiver System (WRS) New Generation sebagai alat deteksi gempa dan tsunami.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan, peningkatan infrastruktur kawasan berupa akses jalan ini merupakan fasilitas yang dibangun untuk mempermudah akses wisatawan maupun masyarakat menuju KBP dan spot wisata lainnya di area KBP seperti Bazaar Mandalika serta Masjid Nurul Bilad, juga area wisata lainnya di kawasan Mandalika.

Selain itu, pembangunan ini juga merupakan wujud komitmen melengkapi infrastruktur dasar kawasan. ”Sehingga dapat menarik minat investor untuk menanamkan modal di The Mandalika,” katanya, Rabu 11 Agustus 2021 malam.

KBP merupakan tempat favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Mandalika untuk melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga, bersepeda, berenang, piknik, maupun sekedar menikmati indahnya pemandangan di pantai Kuta, Mandalika.

KBP juga telah menjadi venue dari sejumlah event nasional dan internasional sepertiTNI International Marathon 2018, Tour de Lombok – Mandalika (Cycling) 2018 – 2019, The Mandalika TouristMart 2019, The Mandalika Gowes 2019, dan Karya Kreatif Indonesia (KKI) di tahun 2021.

Menggunakan anggaran Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui skema National Interest Account (NIA) yang diterima pada tahun 2020 lalu. Pembangunan akses jalan yang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk – PT Bunga Raya Lestari KSO telah berlangsung sejak bulan Mei 2021 dan ditargetkan selesai pada September 2021.

Akses jalan di sisi barat KBP terbagi menjadi ruas A-A1 dengan panjang 342 m dan, lebar 8 m serta ruas A1-H1 dengan panjang 253 m dan lebar 6 m. Sementara, akses jalan di sisi timur KBP terbagi menjadi ruas A5-A6 dengan panjang 320 m, dan lebar 4,5 m serta ruas I-I’ dengan panjang 160 m dan lebar 9 m.

Saat ini, akses jalan sisi barat sedang memasuki tahap pemasangan crossing box saluran drainase jalan, hamparan dan pemadatan timbunan serta clearing area. Sedangkan akses jalan sisi timur telah memasuki tahap hamparan timbunan dan pemadatan Lapisan Permukaan Atas (LPA), pemasangan kerb pembatas jalan dan pemasangan tiang Penerangan Jalan Umum (PJU).

Kedua akses jalan ini dilengkapi dengan infrastruktur lainnya seperti drainase (saluran air), jaringan listrik dan telpon, pedestrian dan Penerangan Jalan Umum (PJU).(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed