by

Dispar Lombok Barat Gandeng UMKM Meriahkan MotoGP

GERUNG – Lebih 2000 kamar hotel di wilayah Kabupaten Lombok Barat sudah terisi oleh calon penonton balap MotoGP 18 – 20 Maret 2022 mendatang. Karenanya, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat (Dispar Lobar) mengajak para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk menyiapkan produksi kuliner, kriya dan busana di area hotel tersebut.

Dua hari menjelang seri II balap MotoGP, 14-16 Maret mendatang akan diadakan pelatihan oleh Kemenparekraf. Pelatihan tersebut diharapkan dapat membantu dalam pemasaran. Pelatihan yang diberikan untuk para UMKM nantinya dapat membantu dalam mengupgrade dari segi kualitas foto, video, serta mampu menarasikan produk yang dipasarkan melalui media sosial ‘’Sehingga memiliki daya tarik tersendiri,’’ kata Kepala Bidang Ekonomi Kretaif Dispar Lobar Sumasno.

Menurutnya, pengembangan dan inovasi produk dari sektor UMKM sendiri harus diperhatikan guna produk yang ditawarkan dapat menarik minat pembeli.

Senin, 7 Maret 2022 siang , para pelaku UMKM dikumpulkan di kantor Dispar Lobar. Kepala Dispar Lobar M. Fajar Taufik meminta para pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) di Lombok Barat dapat memanfaatkan momentum gelaran MotoGP Maret mendatang. asno. ‘’Diharapkan mereka memanfaatkan peluang berjualan produksinya,’’ katanya

Dispar Lobar bekerjasama dengan pihak hotel menyediakan stand-stand bagi para pelaku UMKM Ekraf. Diharapkan masyarakat yang bergerak sebagai pelaku UMKM dapat ikut terlibat dalam gelaran MotoGP.

Taufik mengemukakan kesempatan para pelaku UMKM untuk memasarkan produk, dan juga dapat meramaikan kegiatan MotoGP ini. Supaya juga produk mereka ini dikenal luas oleh wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara sehingga semua orang tahu bahwa inilah produk UMKM Lombok Barat.

Taufik berharap para pelaku UMKM dapat terlibat memanfaatkan peluang tersebut. Disamping itu juga kita tentunya ingin kembali ke tujuan akhir adalah untuk peningkatan kegiatan perekonomian di Lombok Barat.

Salah seorang pelaku UMKM Abdul Hadi mengaku sangat mengapresiasi langkah Dispar Lobar.

Mewakili pelaku UMKM se-Lobar sangat mengapresiasi karena telah merangkul pelaku usaha dalam gelaran event kelas dunia ini.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed