by

Ada Turis Rusia dan Ukraina ke Gili Trawangan

GILI TRAWANGAN – Sejak libur Nyepi, turis asing sudah mulai berdatangan ke Gili ?trawangan Lombok. Setidaknya selama tiga hari terakhir ini ada grup turis mengisi 30 persen dari 56 kamar Hotel Royal Singosari Gili Trawangan.

Selama tiga malam menginap, diantara mereka ada empat kamar diisi turis asal Rusia dan dua kamar oleh turis Ukraina. ‘’Bahkan ada orang Rusia dan Ukraina yang sekamar,’’ kata General Manager Hotel Royal Singosari Rikardus Jumas kepada Tempo, Selasa 8 Maret 2022.

Ini adalah kelanjutan dari libur Nyepi yang datang dari Bali sebanyak sembilan trip kapal cepat yang membawa 1.173 orang terbanyak menginap di Gili Trrawangan selain ke Gili Meno dan Gili Air. Sehari sebelumnya ada empat trip kapal cepat yang mengangkut 417 orang turis.

Menjelang Sembilan hari balap MotoGP 2022, 18 – 20 Maret 2022, pemerhati pariwisata Taufan Rahmadi menyatakan apresiasi kepada Pemerintah terkait kebijakan yang telah di lakukan., Kebijakan yang pro berdampingan hidup dengan  Covid19, misalnya dibukanya kembali Bali untuk penerbangan internasional, stop karantina , pemberlakuan kembali Visa On Arrival, dan tidak dikenakan lagi test antigen/pcr bagi penumpang pesawat laut dan udara. ‘’Semua kebijakan ini diharapkan memberikan dampak bagi kesuksesan event MotoGP Mandalika,’’ ujarnya kepada Tempo.

Guna menyukseskan event akbar MotoGP di Sirkuit Mandalika membutuhkan kehadiran pemerintah secara nyata. Ini telah dibuktikan dengan goverment spending  yang dilakukan di dalam percepatan pembangunan infrastruktur di destinasi, kemudahan aksesibilitas, ataupun pembelian tiket MotoGP secara kolektif oleh korporasi, BUMN, kementerian dan kelembagaan,

Dimana output yang diharapkan dari goverment spending ini adalah untuk membangkitkan ekonomi ,dan memulihkan sektor pariwisata kita.

Taufan Rahmadi menyebutkan menjelang kedatangan para penonton MotoGP, ada tiga hal  yang menurutnya penting untuk selalu diingat dan dijaga yaitu tiga hal DAI (Diseminasi, Activity dan Impressi) :

Diseminasi:

60 ribu orang penonton yang akan datang ini bisa kita anggap sebagai duta promosi pariwisata yang akan menebarkan informasi tentang pariwisata, impact dari promosi yang akan dilakukan para spectators ini tentunya akan berdampak besar terhadap lombok sebagai destinasi wisata.

Diseminasi yang dilakukan di semua platform digital, sosmed,  tentunya tdk hanya berdampak sesaat tetapi akan berdampak panjang dari waktu ke waktu.

Activity

Adalah bicara tentang kegiatan yang dilakukan oleh para penonton selama di lombok , baik itu kegiatan mengunjungi berbagai obyek wisata, kuliner , dll, haruslah terjamin keamanan dan kenyamanannya , seperti akomodasi, transportasi , manajemen lalu lintas, kesehatan , dsb harus sesuai dengan standard layanan yg diharapkan , tidak ada pungli , tidak ada aji mumpung.

Impressi

Kesan baik para penonton selama berada di Lombok harus tetap dijaga , mulai dari menjejakkan kaki pertama di airport hingga balik kembali ke daerah atau negara asalnya.

Dengan impressi yang baik diharapkan akan mengharumkan nama lombok sebagai tuan rumah dan meningkatkan brand value Indonesia sebagai destinasi wisata favorit dunia.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed