by

Walaupun Destinasi Unggulan, Gili Tramena Belum Pilihan Menginap Penonton MotoGP

GILI TRAWANGAN – 6000an kamar hotel, bungalow dan resort di pulau wisata Gili Tramena atau Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air belum menjadi pilihan calon penonton balap Moto-GP 18 – 20 Maret 2022 mendatang. Sampai hari ini, Kamis 20 Januari 2022 belum ada yang mendapatkan reservasi

Sewaktu dikonfirmasi., Ketua Gili Hotel Association Lalu Kusnawan yang juga genenal manager Wilsons Retreat, mengatakan selama ini ratusan akomodasi tidak beroperasi akibat pandemic Covid-19. ‘’Kalau diperlukan untuk kepentingan penyediaan akomodasi penonton MotoGP, harus diberikan stimulus sebagai biaya menyiapkan operasionalnya,’’ katanya.

Gili Tramena adalah pulau wisata tiga gili yang selama ini menjadi primadona wisatawan mancanegara. Lokasinya di seberang utara pulau Lombok berada di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Untuk menjangkaunya, wisatawan datang dari Bali menggunakan kapal cepat. Demikian pula yang menyeberang dari pantai utara KLU, menyeberang menggunakan perahu motor atau boat fiberglass dari Pelabuhan Bangsal Pemenang dan Teluk Kodek.

Di sepanjang pantai utara Lombok yang berada di KLU, ada beberapa hotel berbintang, bungalow dan resort mulai dri Jeva Klui, Amarsvati, sampai Senaru ddi kaki gunung Rinjani. Jumlah keseluruhan 6.800 kamar kamar hotel.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Nusa Tenggara Barat(NTB)  Ni Ketut Wolini membuka data hotel dan akomodasi lainnya di Lombok memiliki sebanyak  17.708 kamar dan di pulau Sumbawa 2.407 kamar dari sejumlah 20.607 kamar se NTB. ‘’Jika penjualan ticket balap MotoGP mencapai 100 ribu lembar berarti akan terdapat kekurangan kamar,’’ ujarnya.

Karenanya, PHRI NTB meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membantu 70 persen akomodasi di tiga gili yang selama ini mengalami penutupan akibat pandemic Covid-19. ‘’Tolong dibantu di tiga gili ini sebelum mencari tambahan penginapan di Bali atau kapal pesiar,’’ ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB Yusron Hadi mengaku Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) NTB siap membantu pemasaran kamar-kamar hotel di gili. Akhir Januari 2022 nanti, 29-30 Januari 2022 Dispar NTB akan mengadakan travel mart yang mengikutsertakan asosiasi hotel gili.

Selain itu, Dinas Perhubungan NTB juga diminta meningkatkan akses transportasi ke 3 gili tersebut untuk keperluan penonton MotoGP.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed