by

22 Titik Wisata se Lombok Timur Tersedia 1.532 Kamar Untuk Penonton MotoGP

SELONG – Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB) mulai mengecek secara langsung kesiapan penginapan di masing-masing daerah untuk menyambut perhelatan MotoGP di Pertaminan Mandalika International Street Circuit, 18 – 20 Maret 2022  mendatang.

Sehari, Rabu 19 Januari 2022, Kepala Dispar NTB Yusron Hadi membawa banyak stafnya mendatangi  Kantor Dispar Lombok Timur (Lotim), kemudian meninjau langsung kesiapan homestay dan hotel di kawasan pantai selatan.

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memastikan kesiapan penginapan yang ada di Kabupaten Lotim termasuk juga kesiapan atraksi seni-budaya  dan produk ekraf untuk menyambut MotoGP 2022 mendatang.

Kepala Dispar Lotim Mugni menyebutkan di daerahnya terdapat 1.532 kamar yang tersedia dari hotel bintang, vila, camping ground, homestay, sarana hunian pariwisata dan juga sebagai cadangan disiapkan rusunawa sebanyak 200 kamar di Labuhan Haji dan Labuhan Lombok.

Yusron Hadi mengatakan konsentrasi hotel berada di utara dan selatan Lombok Timur, homestay dan camping ground berada di utara dan tengah, sedangkan bangunan milik pemerintah yang ada seperti rusunawa, ada di bagian utara dan tengah. ‘’Kami minta Dispar Lotim juga turut menginventarisasi rumah penduduk yang bisa di sewakan selama pagelaran tersebut,’’ katanya.

Demikian juga terkait dengan upaya promosi bersama diharapkan kabupaten/kota se NTB dapat bersama-sama nantinya mengisi Posko Wisata Harmony MotoGP yang akan ditempatkan di beberapa titik sebagai tempat semua mempromosikan parekraf. ‘’Sekaligus bisa memandu pengunjung motoGP bisa lebih mudah berwisata. Posko akan disiapkan di Mandalika, Bandara Internasional Lombok, Gili Mas Lombok Barat dan juga kemungkinan di ex Bandara Selaparang di Mataram.

Pagelaran seni dan budaya serta side event lainnya akan menghadirkan seni budaya Lombok-Sumbawa sehingga diharapkan juga agar kabupatten kota se NTB menyiapkan komunitas seni-budaya yang akan tampil baik di Mandalika maupun lokasi-lokasi di luar sirkuit Mandalika.

Tentu saja produk ekonomi kreatif juga harus terfasilitasi, oleh karenanya semu bersiap sedia mengirim utusan produk ekraf yang layak utk mengisi stand-stand yang Sdh disiapkan nanti di area Mandalika dan di luar Mandalika khususnya di area simpul-simpul transportasi menuju Mandalika.

Bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Dinas Perdagagan dan Kemenparekraf akan didetailkan lebih lanjut produk-produk yang siap di display. Rencana temu bisnis dan temu usaha untuk mempertemukan agen perjalanan dan hotel yang potensial akan dilakukan 29-30 Januari 2022 mendatang.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lotim Muhammad Nursandi menyebutkan diantara 22 titik wisata ada empat titik di pantai selatan yang jumlahnya 198 kamar. Sudah hampir habis dipesan. ‘’80 persen kamar di sana terisi,’’ ujar Nursandi. Berjarak belasan kilometer, hunian hotel di wilayah Teluk Ekas dan sekitaranya selatan Lotim yang berdekatan dengan lokasi sirkuit Mandalika.

Menurutnya, masing-masing titik wisata memiliki potensi wisata yang berkualitas yang dapat dinikmati juga oleh pengunjung seperti Ekas dan sekitarnya terdapat banyak pantai serta budidaya lobster, Tetebatu dengan alam hutan yang pernah ikut ajang Lomba Desa Wisata Dunia, serta Kembang kuning juara nasional dan Sembalun memiliki panorama gunung serta hasil pertanian stobery dan sebagainya.

Mengenai reservasi kamar hotelnya untuk wilayah Tetebatu dan Sembalun masih diupayakan untuk dicarikan strategi agar homestay dan hotel yang ada bisa terisi semua oleh penonton motogp yang belum kebagian kamar hunian hotel.

Mengingat jarak Mandalika dengan Sembalun lumayan jauh atau waktu tempuhnya sekitar dua jam dari Mandalika, sehingga harus menjadi prioritas untuk mengupayakannya terutama pada kesiapan transportasi. Sementara Tetebatu dan sekitarnya masih dalam proses negosiasi dan upaya lain yang dilakukan dengan pihak terkait lainnya agar bagaimana mengupayakan kamar dapat terisi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed