by

Tim Infront Tinjau Lokasi MXGP di Samota

SUMBAWA BESAR – Tim INFRONT selaku penyelenggara MXGP yang akan berlangsung 24 – 26 Juni 2022 di Samota Sumbawa meninjau lokasi,  Ahad – Senin, 10 – 11 April 2022.

INFRONT sendiri merupakan perusahaan sportainment sekaligus international promotor pemilik brand Motor Cross Grand Prix (MXGP).  Sedangkan Samota ada kependekan dari Teeluk Saleh, Moyo dan Tambora yang berada di utara dari kawasan sirrkuit tersebut.

Rencananya , sirkuit MXGP dibuat di area seluas 20 hektar dari sekitar 100 hektar lahan jagung di Labuhan Badas Sumbawa  Besar. Senin 11 April 2022 pagi tadi sudah dilakukan panen jagung.  Lokasinya sekitar 3-4 kilometer dari jembatan Samota arah timur dari Simpang Bingung di kota Sumbawa Besar.

Melalui rilisnya, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTB terus memantapkan kesiapan MXGP.  Salah satunya penyiapan lahan yang akan dijadikan lintasan balapan sudah masuk ke dalam tahap pengerjaan. Persiapan tersebut ditinjau langsung oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah mendampingi tim  INFRONT.

Zulkieflimansyah menjelaskan kepada tim INFRONT gambaran umum kondisi lahan untuk venue yang sudah masuk ketahap pengerjaan awal. Salah satunya yang dijelaskan adalah bagaimana pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan sebanyak 20 Ha untuk event MXGP ini.

Menurut Zulkieflimansyah secara umum INFRONT sangat suka dengan lokasi venue ini. Mereka suka dengan kontur areanya, pemandangannya dan juga kondisi tanahnya. Kunjungan tim INFRONT kali ini juga ingin memastikan bahwa data-data yang disampaikan baik foto dan juga video sesuai dengan kondisi kenyataan dilapangan. ‘’Jadi mereka tidak mau terkecoh dengan foto dan juga video yang sudah kita sampaikan sebelumnya,’’ katanya.

Setelah melihat kondisi di lapangan, mereka sangat gembira dan bisa memastikan bahwa MXGP SAMOTA akan tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada 24-26 Juni mendatang, ‘’ujarnya.

Kepala Dinas Kominfotik NTB, Najamuddin Amy menjelaskan terkait, sosialisasi event, publikasi, promosi, penyediaan infrastuktur, serta sosialisasi literasi MXGP Samota, “Bagaimana agar kita bisa satu narasi dan saling melengkapi dalam memberikan informasi terkait MXGP,’’ ucapnya.

Ia meminta Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa untuk mendirikan Information Center. Information Center yang akan menjadi pusat informasi lengkap seputar MXGP Samota yang bisa dengan mudah diakses masyarakat.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut melalui information center.

“Disediakannya Information Center ini sebagai upaya desiminasi informasi kita terkait MXGP Samota kepada masyarakat,” kata Najamuddin Amy.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed