by

NTB Jadi Tuan Rumah Y20 dan Perkemahan Pemuda Inovasi Riset Nasional

MATARAM – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menyambut gelaran The Pre-Summit 2 of Y20 yang akan berlangsung 23 – 24 April 2022 di Hotel Marumata, Lombok Barat. Kegiatan ini  akan mengajak 100 peserta dari NTB dan 100 peserta lainnya yang berasal dari luar daerah NTB dan peserta asal luar negeri untuk turut berpartisipasi dalam perhelatan Y20.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. NTB Surya Bahari selaku Koordinator Y20 mengatakan, bahwa seluruh stakeholder akan bersinergi dan berkolaborasi untuk menyukseskan kegiatan Y20, seperti halnya akomodasi, transportasi, hospitality, souvenir, media promosi dan lain sebagainya.

Provinsi NTB merupakan tuan rumah ke – 2 setelah Palembang, ‘’Insya Allah akan terus di support dengan dukungan berbagai stakeholder terkait,” kata Surya Bahari saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan G20-Y20 Summit NTB Tahun 2022 di Ruang Rapat Anggrek Kantor Gubernur NTB, pekan lalu).

Y20 sendiri merupakan forum konsultasi dan dialog para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

Panitia Y20 Provinsi NTB lainnya, Mohamad Farid Zaini mengatakan, bahwa kegiatan Y20 akan menyiapkan oleh – oleh khas kopi Lombok, sekaligus sebagai momen memperkenalkan produk – produk lokal.

“Sesuai dengan pengalaman The Pre-Summit 1 of Y20 di Palembang diberikan oleh – oleh berupa pempek dan kerajinan. Sekda NTB sendiri mengarahkan agar memberikan paket kopi Lombok,” ujarnya.

Mohammad Farid Zaini menjelaskan bahwa Talk Show I akan membahas terkait “Reaping the Benefits of Digital Transformation: Raising Youth Digital Financial Awareness” dan Talk-Show II akan membahas terkait “Promoting Youth Inclusion and Innovation in Digital Governance”.

Selain itu, di Gili Trawangan juga siap menjadi lokasi Perkemahan Pemuda Inovasi Riset Nasional atau PIRN, Juni 2022. Pesertanya adalah pelajar SMP-SMA, guru SMP-SMA, mahasiswa, dan periset.

Menurut Deputi Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Tekonlogi BRIN Edy Giri Rachman Putra, kegiatan ini akan mendatangkan putra-putri yang ahli dalam riset dan inovasi dari berbagai daerah di Indonesia.  ‘’Keluaran dari kegiatan PIRN ini adalah berupa gagasan penelitian, kajian dan laporan riset inovasi, idea concept paper dan peningkatan budaya riset inovasi.

Diharapkan perkemahan ini bisa menghasilkan potensi permasalahan yang ada. ‘’Kita lihat teknologi apa yang bisa dipakai untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” kata Edy Giri Rachman Putra, psewaktu menemui Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, pecan lalu.

Zulkieflimansyah menyambut baik rencana tersebut dan berharap para peserta dapat menikmati keindahan alam Gili Trawangan saat PIRN digelar. “Bisa sambil melihat bintang-bintang dan air laut,” ujarnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed