by

Tersedia Aplikasi Ayo Ke Lombok

GERUNG LOMBOK BARAT – Untuk memudahkan mendapatkan informasi wisata di Kabupaten Lombok Barat, sejak Sabtu 17 April 2021 bertepatan dengan hari jadi Pemerintah Kabupaten Lombok Barat ke-63, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menggunakan aplikasi “Ayo Ke Lombok”.

Adanya aplikasi ini diharapkan mampu mempermudah komunikasi antar pelaku usaha pariwisata dengan stakeholder terkait. Selain itu juga untuk mempermudah informasi tentang produk pariwisata yang ada di Lobar, hingga mempermudah para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dalam mempromosikan produk mereka.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Saepul Akhkam, platform digital ini dijadikan Tourism Information Center online yang melayani semua pihak untuk mendapat banyak informasi. ”Untuk itu mari sukseskan dengan aktivitas mengisi konten informasi layanan, baik usaha maupun hiburan,” kata Saepul Akhkam, Senin 19 April 2021.

Ide munculnya inovasi ini, pertama, untuk meniatkan kualitas pelayanan kepada stakeholder yakni para pelaku pariwisata. Kedua, untuk memberi kemudahan bagi para pelaku pariwisata mempromosikan produk pariwisata mereka, terutama pada konteks digital marketing. Untuk itu, dalam kesempatan lain juga diparalelkan dengan capacity building SDM pariwisata. Ketiga, untuk memudahkan para wisatawan memperoleh informasi tentang destinasi, atraksi, amenitas akomodasi, kuliner, dan produk ekraf yang ada di Lobar.

Nantinya, setelah akses transportasi udara dan laut berlangsung normal, Dinas Pariwisata Lombok Barat  akan bersinergi dengan provider telepon selular untuk menotifikasi platform ini kepada para wisatawan. ”Agar mereka langsung mendapat akses informasi,” ujar Saepul Akhkam.

Untuk memberikan pengalaman berwisata bagi para wisatawan, dalam aplikasi ini telah disiapkan lima kategori usaha pariwisata. Mulai dari Akomodasi mencakup Hotel, Homestay, Bungalow, dan tempat penginapan lainnya. Kemudian ada kategori Destinasi yang di dalamnya ada destinasi wisata, desa wisata, dan potensi lainnya.

Selanjutnya ada kategori Kuliner yang terdiri dari Restauran hingga warung makan. Lalu ada kategori Produk Ekraf yang diisi oleh para pelaku usaha kreatif yang ada di Lombok Barat dengan bermacam produk unggulannya. Terakhir ada kategori Transportasi.

Pengalaman merupakan kata kunci dari apa yang diinginkan para wisatawan dalam perjalanan mereka. Melalui aplikasi ini diharapkan para wisatawan dimudahkan untuk melakukan eksplorasi, merasakan, dan bahkan melakukan bagaimana aktivitas serta kebudayaan lokal di Lombok Barat.

Peluncuran aplikasi inovasi Dinas Pariwisata Lombok Barat dilakukan oleh Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid dalam rangkaian perayaan HUT Lombok Barat ke-63, Sabtu (17/4) di Gerung, Lombok Barat. Inovasi Dispar ini mendapat apresiasi dari Bupati Fauzan Khalid. ”Saat ini segala inovasi jika tidak didukung dengan digitalisasi akan sulit mendapat hasil yang maksimal,” ujarnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed