by

Sirkuit MotoGP di Mandalika Dipastikan Selesai Sesuai Jadwal

LOMBOK TENGAH -Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah meyakinkan Deputi I Kantor Staf Presiden Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi, Febry Calvin Tetelepta bahwa pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika terus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Keyakinan tersebut disampaikan sewaktu mengikuti rapat koordinasi dengan Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) terkait progres pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika, di kantor PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Kuta Mandalika Lombok Tengah, Kamis 5 November 2020.

“Alhamdulillah, pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika hingga saat ini tetap berjalan dengan lancar sesuai jadwal yang telah ditentukan,” katanya.

ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional.

KEK Mandalika memiliki pantai Mandalika, pantai Seger, pantai Tanjung Aan, hingga pantai Gerupuk yang paling timur yang terletak di Desa Mertak. ITDC pun telah mulai membangun area sirkuit MotoGP seluas 130 hektar yang terdiri 18 tikungan sepanjang lintasan berjarak 4.32 kilometer.

Menurut Zulkieflimansyah, kelancaran pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika ini berkat kerjasama yang baik antar lembaga dan instansi pemerintah, baik itu Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Loteng, TNI, Polri serta Kejaksaan yang turut serta membantu berbagai macam permasalahan yang muncul. “Seperti yang dilihat, sinergi kami dengan TNI, Kepolisian dan Kejaksaan sangat baik, dan mudah-mudahan ini tetap kita pertahankan,” ujarnya.

Zulkieflimansyah juga menyampaikan bahwa beberapa program pemerintah pusat sudah dilaksanakan di sekitar KEK Mandalika untuk menunjang event MotoGP tahun depan, salah satunya adalah program seribu sapi yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian beberapa waktu yang lalu. Ia memastikan bahwa MotoGP Mandalika ini dapat mendatangkan berkah dan kebahagiaan bagi masyarakat NTB.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan bapak Deputi ini makin memastikan bahwa perencanaan itu akan dieksekusi sesuai dengan waktunya,” ucap Zulkieflimansyah.

Deputi I KSP Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Febry Calvin Tetelepta menilai kedatangan Gubernur NTB dalam rapat tersebut merupakan bentuk keseriusan pemerintah provinsi dalam pembangunan Sirkuit MotoGP ini.

Ia berpesan kepada ITDC agar memprioritaskan masyarakat dan memperhatikan produk-produk lokal, sehingga keberadaan Mandalika dan event MotoGP di sana benar-benar memberikan kontribusi bagi masyarakat. “Catatan kami, kepentingan masyarakat harus diutamakan, masyarakat harus diberi ruang lebih dalam usaha,” katanya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed