by

Setiap Hari Calon Walikota Mataram Kirim Rantang Makan Untuk Lansia

MATARAM – Guna bisa mendekatkan diri dengan calon pemilih, bakal calon Wali Kota Mataram dan Wakil Wali Kota Mataram Hj Putu Selly Andayani dan Tuan Guru Haji Abdul Manan mengadakan program kemanusiaan. Program “RANTANG SALAM” yang merupakan program memberi makanan gratis setiap hari untuk orang lanjut usia (lansia) tidak mampu di enam kecamatan Kota Mataram.

Launching program “RANTANG SALAM” digelar di Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, sejak Selasa 1 September 2020 kemarin. Makanan tersebut dikemas dalam rantang makanan higienis berwarna hijau. Rantang tersebut berisi menu makanan lengkap, lalu diantarkan langsung ke rumah para lansia tidak mampu yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kota Mataram.

Diniatkan dilakukan setiap hari, relawan pasangan Selly-Manan menyiapkan ojek online untuk mengantarkan makanan tersebut. Hari pertama tersebut makanan tersebut di antar ke sejumlah keluarahan seperti Pejeruk, Jempong, Jempong Baru, Taman Sari, Banjar, dan Dayen Peken. Tiap rantang makanan telah bertuliskan nama dengan alamat lengkap lansia yang dituju.

“Ini salah satu program untuk kesejahteraan masyarakat. Terutama masyarakat lanjut usia 70 tahun dan merupakan keluarga prasejahtera,” kata Selly Andayani, Rabu 2 September 2020. Selly Andayani adalah istri Ketua DPD PDI-P Nusa Tenggara Barat Rachmat Hidayat yang akan berpasangan dengan kader Partai Keadilan Sejahtera Tuan Guru Haji Abdul Manan.

Dulu, sewaktu bertindak selaku penjabat Walikota Mataram, 2015, ia dikenal oleh 1.200an orang anggota pasukan kuning di kota Mataram yang semula upahnya sebulan Rp 800 ribu dinaikkan menjadi Rp 1,2 juta. Demikian pula tunjungan kesra karyawan yang semula Rp 450 ribu menjadi Rp 800 ribu.

Makanan untuk “RANTANG SALAM” juga dipesan di warung-warung makan milik masyarakat. Sehingga menggairahkan ekonomi masyarakat lapisan bawah. Warung yang terlibat pun akan berbeda setiap hari. Dengan begitu, menu makanan pun bervariasi. Namun dipastikan memenuhi standar gizi dan juga higienitasnya.

Di sisi lain, nantinya para Lansia ini juga akan mendapat layanan program kesehatan gratis. Puskesmas di Kota Mataram nantinya akan disiapkan menjadi ujung tombak layanan kesehatan bagi para lansia tersebut. Antara lain dengan memastikan setiap puskesmas memiliki ambulans lengkap. Ambulans itu akan rutin turun ke masyarakat. Sehingga bukan hanya berada di garasi puskesmas terus menerus. “Disiapkan layanan kesehatan yang benar-benar paripurna,” ujar Selly.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed