by

Rute Baru Wisatawan Dari Bali Ke Senggigi

BATU LAYAR SENGGIGI – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) buka rute kapal cepat dari Nusa Dua atau Sanur dan Nusa Penida di Bali ke Senggigi Lobar. Kapal cepat untuk wisatawan tersebut melalui Gili Gede di Sekotong, singgah di Lembar. Tergantung kebutuhan, rute kapal cepat tersebut bisa tanpa singgah di Lembar namun setelah singgah di Senggigi bisa melanjutkan perjalanan ke Gili Trawangan.

Tambahan layanan kapal cepat dari Nusa Dua ke Lobar tersebut disepakati oleh Bupati Lobar Fauzan Khalid sewaktu bertemu pelaku pariwisata dalam Tourism Business Forum di Pusat Oleh-Oleh Lombok Exotic Batu Layar, Rabu 25 Mei 2022 malam.

Fauzan Khalid mengatakan pembukaan rute laut baru untuk wisatawan ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Lobar. “Mudah-mudahan usaha semacam ini lancar dan kami sendiri terus berkreasi, beinovasi supaya Senggigi ini lebih tertata lagi,” katanya dalam keterangan pers yang dikeluarkan Kamis 26 Mei 2022 malam..

CEO J-Trip Putu Suciawan selaku partner dalam pembukaan rute baru ini menjelaskan jika adanya rute baru ini bisa mempermudah akses, hingga menghemat waktu dan biaya perjalan wisata.

Ia menyebutkan rute dari Sanur (Bali) – Nusa Penida – Gili Gede – Senggigi ini dibuka untuk menunjang pariwisata Senggigi, bisa jadi juga nanti ke Gili Trawangan. ‘’Karena kalau melihat kebutuhan, banyak sekali,’’ ujarnya.

Untuk datang ke Lombok ini pintunya bisa menjadi pilihan setelah selama ini ada rute Padang Bai Bali ke Gili Trawangan Gili Meno dan Gili Air Lombok menggunakan kapal cepat, atau jika dari Padang Bai Bali menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Lembar. ‘’Karenanya dikhususkan rute Senggigi ini untuk menjadi pintu pariwisata yang masuk ke Lombok selain Sekotong,”  ucap Putu Suciawan.

Rute baru ini lebih hemat dan lebih mempersingkat waktu, kalau dihitung total waktu yang ditempuh untuk rute ini nantinya hanya 2 jam dengan singgah di beberapa tempat tadi.

Rencana pembukaan rute ini disampaikan Putu sudah sampai pada tahap realisasi dan tinggal menunggu aturan dari Dinas Perhubungan di daerah, dokumen-dokumen pendukung dan izin trayek.

Di tempat yang sama, anggota komisi II DPRD Lobar Abdul Majid mengatakan pembukaan rute baru ini adalah sebuah terobosan baru yang menguntungkan bagi destinasi wisata satu dengan yang lainnya. “Ini adalah terobosan yang harus kita dukung bersama demi untuk meningkatkan Pendapan Asli Daerah kita dan menghidupkan kembali pariwisata kita pasca pandemi,” kata Abdul Majid.

Ia berharap dengan dibukanya rute ini memberikan mimpi dan harapan-harapan yang baik untuk membangkitkan kepariwisataan di Lobar pasca pandemi.

Adanya rute kapal cepat baru ini mendukung pariwisata jika wisatawan bisa langsung dari Nusa Penida ke Gili Gede Sekotong, bisa menjual paket wisata lain, lalu menuju Senggigi. ‘’Ini bisa menjadi semacam simbiosis mutualisme bagi destinasi wisata satu dengan yang lain,” ujarnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed