by

Race Asia Road Racing Championship 2023 Round Indonesia

MANDALIKA – Hari kedua Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 Indonesia Round di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), berlangsung lancar.

Direktur Utama PT Mandalika GrandPrix Association (MGPA ) Nusantara Jaya Priandhi Satria mengatakan jam 12 sesi kwalifikasi FIM Idemitsu berjalan lancar. ‘’Race berlangsung. Saya ketemu dengan TVM, yang punya puas tidak ada kekurangan,’’ katanya di Media Center MGPA Sabtu 12 Agustus 2023 sore.

Jadwal ARRC 2023 hari kedua dimulai dengan dua sesi qualifying untuk kelas TVS ASIA One Make Championship, lalu sesi practice 4 untuk kelas ASB1000, qualifying untuk kelas UB150, AP250, dan SS600, Shoot Out Top 15 Riders UB150, serta qualifying ASB1000. Dilanjutkan siang hari dengan race 1 kelas TVS ASIA One Make Championship berturut-turut, kemudian UB150, AP250, SS600, dan sebelum akhirnya ditutup dengan race 1 kelas ASB1000.

Gairah kompetitif peserta dalam ajang ARRC terlihat dari perbedaan waktu tempuh yang tipis antar pebalap di setiap balapan.  Rebut-rebutan posisi terdepan terjadi hampir di setiap kelas, memberikan tontonan yang seru dan menarik. Sejumlah pebalap Indonesia meraih posisi podium antara lain Herjun Atna Firdaus dari Astra Honda Racing Team, serta Aldi Satya Mahendra dan Wahyu Nugroho dari Yamaha Racing Indonesia untuk kelas AP250, dan Andi Farid Izdihar dari Honda Asia-Dream Racing with SHOWA untuk kelas ASB1000.  Sementara salah satu pebalap muda asal NTB Arai Agaska Dibani Laksana meraih posisi 4 pada kelas UB150.

Priandhi Satria mengemukakan penyelenggaraan ARRC 2023 Indonesian Round telah berjalan dengan baik.  Seluruh sesi kualifikasi dan balapan pertama dari semua kelas telah berjalan dengan lancar dan aman.  Sebagai penyelenggara, selalu memastikan kesiapan setiap sesi balapan agar dapat berjalan dengan baik. ‘’Dan kami harap penyelenggaraan hari ketiga besok kembali dapat berjalan tanpa hambatan,’’ ujarnya.

Sampai sore kemarin ticket yang terjual sudah mencapai 6.000 lembar. Diharapkan masih akan bertambaah penonton yang datanag Ahad 13 Agustus 2023 besok.

Hari ketiga ARRC 2023 Indonesian Round akan menghadirkan race 2 untuk kelas TVS ASIA One Make Championship, UB150, AP250, SS600, dan ASB1000. “Selain sesi race yang seru, karena masing-masing pebalap pastinya mencoba mendapatkan point dari round ke 4 ARRC ini, hari ketiga besok akan diisi dengan pagelaran budaya persembahan Pemerintah Daerah NTB untuk memeriahkan Grid Ceremony,” ujar Priandhi.

Selain keseruan dari sisi race, Dyandra & Co. sebagai co-promotor ARRC 2023 telah menyiapkan sejumlah side event yang menarik yang menampilkan lebih dari 40 tenant,  termasuk pameran otomotif, UMKM, pertunjukan musik, test ride dan festival kuliner. Side event diselenggarakan mulai hari ini Sabtu 12 Agustus 2023 hingga Ahad 13 Agustus 2023 berlokasi di belakang Grandstand A.

Beberapa brand otomotif ikut serta mengisi side event ini seperti Honda, Yamaha dan Von Dutch, dan VR46. Di tenant otomotif, pengunjung yang ingin melakukan test ride dapat langsung mengunjungi booth dan melakukan registrasi di booth. Penyelenggaraan side event tahun ini juga mendapat dukungan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan Pemerintah Provinsi NTB yang menghadirkan lebih dari 20 tenant UMKM yang menjual berbagai produk mulai dari makanan, minuman, pakaian dan aksesoris.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed