by

Penyediaan SPKLU di Kawasaan Mandalika

MANDALIKA – PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) bekerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Kesepakatannya dilakukan melalui penandatangan antara ITDC dengan PT PLN UIW NTB sewaktu berlangsungnya Mandalika Ev Experience di Sirkuit Mandalika, Ahad 23 Juli 2023.

Melalui keterangan pers yang dikirimkan ITDC, General Manager PT PLN UIW NTB Sudjarwo mengatakan, keberadaan SPKLU, diharapkan dapat menjadi daya tarik baru untuk para wisatawan yang mengunjungi Mandalika, serta mendukung pertumbuhan pariwisata berkelanjutan di kawasan The Mandalika. ‘’Dengan kampanye kendaraan listrik internasional, kami berharap masyarakat NTB dapat memandang masa depan dengan optimisme dan memeluk gaya hidup berkelanjutan,’’ katanya.

ITDC atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation, perusahaan member Injourney Group bersama PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan PT Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (PT PLN UIW NTB) menggelar kegiatan Mandalika Ev Experience, Ahad 23 Juli 2023 lalu di Pertamina Mandalika International Circuit.

Sebelumnya, menjelang World Super  Bike awal Maret 2023 lalu, PT PLN (Persero) sudah meresmikan pengoperasian SPKLU di Mandalika, SPKLU Mandalika adalah ke 8 sebagai pendukung ekosistem kendaraan listrik. Adapun tujuh lokasi SPKLU yang lain berada di Kantor Gubernur NTB, kantor Dinas Perhubungan Provinsi NTB, kantor PLN UIW NTB, kantor PLN ULP Selong, SMKN 3 Mataram, MVP Grand Natura, dan Hotel Santika Mataram. PLN juga merencanakan untuk menambah SPKLU di beberapa lokasi di tahun 2023 ini seperti di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Kantor PLN UP3 Sumbawa, Kantor PLN UP3 Bima dan beberapa lokasi strategis yang tersebar di Provinsi NTB.

PLN UIW NTB menyelenggarakana Mandalika Ev Experience menyuguhkan pengalaman mengemudi yang unik dan berkesan, para pengunjung dapat merasakan manfaat sekaligus mendukung misi penting ini. Mandalika Ev Experience memberikan harapan baru bagi The Mandalika dan Provinsi NTB, melalui kolaborasi ini untuk mewujudkan penurunan emisi karbon dengan meningkatkan penggunaan kendaraan listrik, dan juga meningkatkan event/kegiatan ramah lingkungan baik skala nasional maupun internasional di Pertamina Mandalika International Circuit dan kawasan The Mandalika, serta Provinsi NTB.

Mandalika Ev Experience sebagai perwujudan nyata dari komitmen pemerintah untuk percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) atau Net Zero Emission 2050 di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika yang juga sebagai destinasi sport tourism.

Kegiatan berskala internasional ini, menjadi ikon Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam memperkenalkan ekosistem kendaraan listrik yang diharapkan akan menumbuhkan budaya perubahan pada alat transportasi dan gaya hidup baru bagi masyarakat NTB. Kampanye ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang manfaat kendaraan listrik, mulai dari pengurangan emisi gas rumah kaca hingga efisiensi energi yang lebih tinggi.

Melalui ekosistem kendaraan listrik yang holistik, Mandalika EV Experience berupaya membangun infrastruktur yang mendukung keberlanjutan seperti pengisian baterai yang mudah diakses, peningkatan teknologi baterai, dan fasilitas ramah lingkungan.

General Manager The Mandalika Molin Duwanno mengemukakan inisiatif Mandalika EV Experience sebagai langkah progresif dalam menghadirkan solusi transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, serta untuk memperkuat identitas The Mandalika khususnya sebagai sport tourism dan Prov. NTB. Selain itu, kegiatan ini untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang kendaraan listrik. ‘’ Sehingga dapat mendorong terciptanya inovasi kendaraan listrik di dunia pendidikan dan industry,’’ katanya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed