by

CSR PLN di NTB Lakukan Penangkaran Penyu

MATARAM – Sepanjang Tahun 2020, PLN melalui dua unitnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu  PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara dan PLN Wilayah NTB telah meningkatkan kepedulian terhadap kehidupan masyarakat dan lingkungan melalui program corporate social responsibility (CSR).

Mulai dari program peduli sosial yang bertema lingkungan yaitu pengolahan faba yang dilakukan di PLTU Jeranjang, penangkaran penyu Pantai Mapak Indah di sepanjang jalur transmisi, serta program program penghijuan yang dilakukan dibeberapa titik di N TB.

Faba (Fly Ash Bottom Ash) adalah abu batubara yang dihasilkan dari pembakaran PLTU, yang ditangkap di  electricifitatoric. Jadi ketika keluar ke lingkungan, gas buang sudah masuk ke dalam batas aman yang diizinkan.

Di bidang peningkatan ekonomi mulai mendukung UMKM dengan memberikan sertifikasi dan pembinaan, pemberian Pelatihan pelatihan terhadap warga disekitar pembangkit seperti pelatihan sablon dan pelatihan pengolahan ikan menjadi frozen food, sampai dengan bantuan sembako selama pandemi Covid 19 yang sedang berlangsung

“Seluruh program CSR dan Bina Lingkungan yang kami laksanakan sebagai wujud tanggungjawab sosial perusahaan kepada kehidupan masyarakat khususnya di lingkungan proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan,” kata Senior Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara Gregorius Adi Trianto,

Program Kawasan Wisata Kreatif Sampah Kebon Lelang (PLN UIW NTB) juga sempat  memenangkan penghargaan penghargaan Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) pada tahun 2019

Berpedoman ISO 26000 PLN mendukung semua upaya yang berdampak nyata terhadap SDGs di Indonesia. Program-program CSR PLN selama ini diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat serta mengajak masyarakat untuk ikut menjaga aset aset PLN.

Pelaksanaan program CSR yang di laksanakan di provinsi NTB membaik salah satunya dikarenakan implementasi ISO 26000 di tiap program.

Sebelumnya pada bulan Agustus 2020 PLN berhasil meraih dua penghargaan dalam ajang TOP CSR Awards 2020 yang diselenggarakan Majalah Top Business. Yakni kategori Top CSR Award 2020 Star 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2020.

PLN masuk dalam kategori Top CSR Award 2020 Star 5 karena tata kelola dan program CSR PLN sejalan dalam mendukung strategi bisnis perusahaan yang berkelanjutan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed