by

Bus Gratis Penonton MotoGP ke Sirkuit Mandalika

MATARAM – Penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok NTB 18 – 20 Maret 2022 tak perlu mengkhawatirkan transportasi yang akan digunakan. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) NTB yang didukung oleh Kementrian Perhubungan Indonesia telah menyediakan bus gratis.

Dinas Komunikasi dan Informatika NTB merilis adanya shuttle bus yang bergerak dari masing masing simpul transportasi dengan jam operasional yang telah ditetapkan dan perlu diperhatikan persyaratan bagi masyarakat yang akan menggunakan shuttle bus tersebut.

Dishub NTB sendiri telah merilis sejumlah rute bus gratis ke Sirkuit Mandalika dan waktu penjemputan serta pengantarannya. Di antaranya:

  1. Bangsal ke Mandalika pukul 06.30-12.00 WITA

Mandalika ke Bangsal 16.00-22.00 WITA

  1. Ex Bandara Selaparang di Kota Mataram ke Mandalika 6.30-12.00 WITA

Mandalika ke Ex Bandara Selaparang 16.00-22.00 WITA

  1. Lembar/GT Mas ke Mandalika 16.00-22 WITA

Mandalika ke Lembar/GT Mas 16.00-22.00 WITA

  1. Kayangan ke Mandalika 06.30-12.00 WITA

Mandalika ke Kayangan 16.00-22.00 WITA

  1. Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Mandalika 06.30-12.00 WITA. Mandalika ke BIL 16.00-22.00 WITA.

Khusus tanggal 20 Maret, jadwal bus grratis diperpanjang sampai dengan pukul 23.00 WITA.

Adapun persyaratan untuk dapat menggunakan fasilitasi bus gratis ini di antaranya, memiliki tiket MotoGP, hasil negatif tes antigen bagi yang belum divaksin dua kali dengan biaya Rp. 80.000, serta harus menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Tempat penyekatan MotoGP sendiri berada pada 3 titik, di antaranya Bundaran BIL, Bundaran Songgong Parkir Timur, Bundaran Mong Parkir Barat.

Diskominfotik NTB juga mengutip informasi dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Budi Setiyadi menjelaskan, menyiapkan 188 bus dengan ukuran medium. Di antaranya 81 unit bus dari Kemenhub dan tambahan 4 unit bus VIP yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Lalu, 103 unit bus dari ITDC Mandalika.

Penyedian bus gratis tersebut untuk antisipasi bila ada lonjakan penonton yang diprediksi/ditargetkan mencapai 63 ribu. Sebanyak 278 bus disediakan untuk melayani rute ke pusat kota dan simpul transportasi di luar kawasan sirkuit.

Budi Setiyadi meyakini, dengan fasilitas layanan transportasi darat gratis di semua pintu masuk di NTB akan memudahkan para penonton dari luar kota/provinsi maupun luar negeri sampai ke lokasi arena balap MotoGP.

Selain bus gratis dari Bandara dan Pelabuhan di Lombok, angkutan ini juga mengantarkan penonton MotoGP Mandalika pada 7 rute dari parkir barat dan parkir timur menuju gate 1, gate 2, dan gate 3 Sirkuit Mandalika.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Nusa Tenggara Barat (ASITA NTB) Dewantoro Umbu Joka, menjelaskan bahwa jika ada calon penonton dari dalam dan luar NTB yang belum mendapatkan kamar, salah satu solusi yang disiapkan oleh pemerintah lewat Dishub NTB sebabyak 1.700an kamar kapal penumpang KM Kelud di Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat.

Namun diingatkan bahwa di dalam kapal tidak ada pelayanan makan pagi. Namun, di sekitar area pelabuhan telah disiapkan pelaku kuliner UMKM.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed