by

Patung Jokowi Naik Motor Dipasang di Depan Gerbang Utama Sirkuit Mandalika

MANDALIKA – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menyaksikan pemasanagan patung Presiden Joko Widodo naik motor yang ditempatkan di depan Gerbang Utama Sirkuit Mandalika, Ahad 13 Maret 2022 pagi tadi pukul 07.06  waktu Indonesia Tengah.  Ratusan orang warga setempat ikut menyaksikannya. Patung tersebut berada sekitar 10 meter di atas tanah.

Menurut Zulkieflimansyah, diharapkan adanya patung Joko Widodo ini menandai kelengkapan dari sirkuit Mandalika ini. ‘’Sebagai ornament yang sangat indah,’’ katanya. Sehingga diharapkan bisa terwujud sebagai sirkuit yang terindah di dunia.

Pemasangaan patung Jokowi naik motor ini dijadikan lokasi untuk selfi. Dikatakan bahwa sekarang ini era baru yang menampilkan selfi ekonomi atau menggerakkan ekonomi. ‘’Mudah-mudahan banyaka digunakan untuk foto-foto. Mudah-mudahan ini dijadikan trigger utama untuk foto-foto,’’ ujarnya kemudian.

Sebelumnya, Indonesia Tourism Developemt Corporation (ITDC) sudah menyelesaikan pengapaspalan ulang sepanjang 1,2 kilometer mulai dari sekitar tikungan 17 hingga tikungan 5 setelah digunakan sebagaia lokasi tes pra musim selama tiga hari, 11 –  13 Februari 2022 lalu.

Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,3 kilometer ini terdiri dari 11 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Dibangun kurang dari dua tahun menggunakan biaya awal Rp 1,3 triliun diantaranya sekitar Rp 899 miliar untuk lintasanj sirkuitnya saja – belum termasuk pengulangan aspal terakhir.

Sirkuit Mandalika yang menempati area seluas 130an hektar dalam Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika sleuas 1.175 hektar  tersebut dikenal sebagai Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk kali pertama dijadikan arena balap MotoGP 2022 seri kedua.

CEO DORNA Sports SL – pemegang hak siar MotoGP – Carmelo Ezpeleta dan Sporting Director Carlos Ezpeleta sewaktu meninjau lokasi di jantung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika Lombok, 28 Oktober 2019, mengatakan sebagai Street-Race Circuit (Sirkuit Jalan Raya) pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep, dibangun dengan standar Fédération Internationale de Motorcyclisme (FIM) dan Fédération Internationale de l’Automobile (FIA).

Istimewanya, karena berada di tengah kompleks wisata, Mandalika menawarkan sejumlah keunggulan: keindahan alam dan akomodasi berkelas internasional The Mandalika.

Carmelo Ezpeleta menyebut proyek sirkuit Mandalika unik. Pertama, lokasinya yang indah, dan kedua, berada di negara yang penduduknya merupakan fans terbesar MotoGP.

Indonesia merupakan pasar utama bagi DORNA karena fans MotoGP yang besar, dengan begitu atmosfernya semakin kuat saat perlombaan dihelat.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer meyakinkan kesiapan penyeleggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika, 2021 mendatang. ”Kami optimistik memiliki potensi lebih baik jika melihat sirkuit Buriram di Thailand,” ujarnya.

ITDC menyiapkan tiga bukit yang luasnya sekitar 50 hektar yang memiliki ketinggian 25 – 50 meter, yang dijadikan lokasi 15.000 penonton. Sirkuit Mandalika nantinya memiliki bukit yang dinamai Pink Mount Mandalika karena ditanami bunga-bunga berwarna pink.

Dari atas bukit ini, penonton dapat menyaksikan balapan seluas 360 derajat. Dari bukit Pink yang berada di tikungan, penonton bisa melihat pembalap start dan finish.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed