by

11 Ribu Masker Kain dari 36 BUMN

MATARAM – Untuk mengatasi peningkatan penularan Covid-19 di 10 kabupatern dan kota se pulau Lombok dan pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB), Satuan Tugas Badan Usaha Milik Negara (Satgas BUMN-NTB) kembali menyerahkan bantuan 11 ribu lembar masker kain

Masker kain yang diberikan kepada masyarakat umum di NTB, dalam proses pembuatannya dilakukan dengan memberdayakan UMKM lokal di NTB. Hal ini bertujuan agar tetap menghidupkan perekonomian para pelaku usaha lokal di NTB di masa sulit pandemi ini.

Mulai Selasa 29 Septemberr 2020 kemarin, dilakukan secara simbolis di Kuta Beach Park Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika oleh Ketua Pelaksana Satgas BUMN-NTB I Made Pari Wijaya.

Pemberian bantuan tersebut dilakukan di area publik yang tergolong ramai.dan padat pengunjung seperti area pariwisata pantai, pelabuhan, pasar rakyat, dan terminal. Dalam kegiatan tersebut sekaligus juga dilakukan sosialisasi. ”Pemakaian masker dengan cara yang benar untuk perlindungan individu,” katanya.

Made Pari Wijaya mengatakan bahwa bantuan masker ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. ”Terhadap tatanan baru yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” ujarnya..

Bantuan yang disalurkan ini diharapkan dapat membantu penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 yang ada di Provinsi NTB. Diharapkan pelaksanaan sosialisasi dan pembagian masker ini dapat membantu masyarakat menjadi lebih tertib dengan tatanan baru yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Indonesia bersama BUMN.

Menurutnya, sosialisasi pemakaian masker yang benar dan pembagian masker kain ini telah sesuai dengan arahan Kementerian BUMN melalui Rapat Koordinasi Satgas BUMN Provinsi pada 17 September lalu yang akan serentak dilaksanakan se-Indonesia, dan khususnya di NTB dimulai pada tanggal 29 September 2020.  Di NTB, dilakukan bersama 36 perusahaan BUMN di NTB yang tergabung didalamnya.

Koordinator Satgas BUMN masing-masing Kabupaten/Kota di NTB akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam menentukan titik lokasi pembagian masker kain sesuai dengan jumlah masyarakat yang membutuhkan bantuan tersebut.

Masing-masing koordinator di tingkat Kabupaten/Kota akan berkoordinasi dengan intensif dengan Pemda setempat agar pembagian masker ini tepat sasaran dan bersifat menyeluruh. Adapun masing-masing koordinator wilayah tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi NTB adalah ITDC sebagai Koordinator Satgas Tanggap Covid-19 di tingkat Provinsi NTB, kemudian Pelindo III di Kabupaten Lombok Barat, Bank Mandiri di Kabupaten Lombok Timur, Jasa Raharja di Kabupaten Sumbawa, BNI di Kabupaten Sumbawa Barat, BTN di Kota Mataram, Pos Indonesia di Kabupaten Bima, BRI di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Utara, Bhanda Ghara Reksa di Kota Bima, dan Telkom Indonesia di Kabupaten Dompu. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed