by

Wisuda Poltekpar ke4, 2186 Lowongan Kerja Untuk Alumni

PRAYA – Selama dua hari, 18 – 19 Oktober kemarin Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Poltekpar Lombok membuka joh fair bagi mahasiswa, alumni dan masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) di bidang pariwisata dan hospitaliti.

Bursa kerja atau career expo tahun 2023 ini dibutuhkan sekitar 2.186 orang, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Direktur Poltekpar Lombok, Ali Muhtasom pada tahun 2022. Total ada sekitar 540 lowongan pekerjaan yang tersedia. Khususnya di bidang pariwisata dan sektor terkait lainnya, penempatan tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Untuk burs akerja 2023 ini para perusahaan industri membutuhkan 2.186 calon pekerja. Perusahaan yang paling mendominasi permintaan yakni PT. Timurya Jaya Lestari sebanyak 1000 orang, penempatan di Saudi Arabia, jenis pekerjaan Tata Grada atau public area. Kemudian MC Donald (Uni Emirates Arab) sebanyak 300 orang, jenis pekerjaan yakni tata hidang, seni kuliner dan Barista (Saudi Arabia) sebanyak 200 orang.

Selain itu, dibutuhkan 40 orang bidang industri kuliner untuk di Jepang. Kemudian untuk Carnival Cruise Line dibutuhkan 100 orang bagian asisten cook2. “Masih banyak yang lainnya. Bagi masyarakat NTB yang membutuhkan kesempatan bekerja,’’katanya Ali Muhtasom sewaktu membuka wisuda ke-4 Poltekpar Lombok, Sabtu 21 Oktober 2023.

Wisuda program Diploma 3 Ahli Madya Pariwisata dan program Diploma 4 Sarjana Terapan Pariwisata ke-4 Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok tahun 2023 mengangkat tema “local wisdom to face the global challenge” atau kearifan lokal untuk menghadapi tantangan global di GOR Poltekpar Lombok, yang berlangsung meriah dihadiri para orang tua pendamping wisudawan menggunakan pakaian adat Sasak, Samawa dan Mbojo (Sasambo) sebanyak 273 wisudawan di wisuda, dipimpin Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf RI, Desi Ruhati.

Selama Poltekpar Lombok berdiri, sudah meluluskan 1221 alumni, dari program studi usaha perjalanan wisata, divisi kamar, seni kuliner dan tata hidang. “Poltekpar Lombok di usia yang ke-7 ini telah menghasilkan lulusan sebanyak 1.221 lulusan yang terdiri dari 314 lulusan di wisuda I tahun 2020, kemudian 341 lulusan pada wisuda II tahun 2021, dan 293 lulusan pada wisuda III tahun 2022,” katanya.

Wisuda ke-4 ini, terdapat 4 wisudawan dan wisudawati terbaik atau cumlaude yakni Podi Usaha Perjalanan Wisata atas nama Maisa Mauli Azizah, dari Program Studi Divisi Kamar, Laila Maulidatul, dari Program Studi Seni Kuliner, Baiq Inggarsih Madya Ningrum dan dari Program Studi Tata Hidang, Lalu Wiranda.

Tahun depan lanjutnya, Politeknik Pariwisata Lombok sedang mempersiapkan pembukaan tiga program studi baru, yakni program Diploma 4 Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan dan Diploma 4 Sarjana Terapan Special Event, serta program S2 Magister Terapan Pariwisata.

Ia berharap, terbukanya usulan program studi tersebut dapat memperluas upaya Politeknik Pariwisata Lombok untuk menghasilkan sumber daya manusia pariwisata yang profesional dan kompeten dalam dunia kerja pariwisata maupun wirausaha serta pengembangan destinasi pariwisata di Indonesia, khususnya di wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno melalui video typing memberikan semangat kepada para wisudawan supaya terus tumbuhkan semangat menempuh kemajuan pariwisata.

Deputi bidang kebijakan Strategis Kemenparekraf, Dessy Ruhati mengaku, keberhasilan Poltekpar Lombok ini bukti kerja keras yang telah dilakukan, oleh sebab itu ia mengaku bangga atas prestasi dan kegigihan ini. “Wisuda ini bentuk tanggungjawab kampus kepada bangsa dan negara. Sebagai insan pariwisata harus memiliki kemampuan dalam inovasi, dan kolaborasi,” katanya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed