by

The Mandalika Jadi Lokasi Gelaran Malam Puncak Bau Nyale 2023

MANDALIKA – Pantai Tanjung Aan yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika atau The Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (Loteng NTB), menjadi main venue/lokasi utama penyelenggaraan malam puncak event Bau Nyale 2023 yang merupakan kolaborasi Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kab. Loteng.

Selain Tanjung Aan, Pantai Seger dan Pantai Serenting di The Mandalika juga kembali menjadi lokasi berburu Nyale atau cacing laut oleh masyarakat di Loteng tahun ini. Tradisi Bau Nyale lahir dari legenda mengenai Putri Mandalika yang melompat ke laut untuk menghindari konflik antar pangeran yang mencoba menyuntingnya dan kemudian muncul kembali dalam bentuk cacing laut.

Kemunculan cacing laut yang dipercaya merupakan reinkarnasi dari Putri Mandalika ini setiap tahunnya ditunggu-tunggu oleh warga lokal, karena cacing ini bisa diolah menjadi makanan untuk dinikmati sendiri maupun dijual sehingga mendatangkan pemasukan bagi warga.

Bau Nyale merupakan salah satu tradisi lokal warga Lombok Tengah yang berpotensi menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan ini.

Salah seorang warga di Kuta Mandalika Samsul Bahri yang juga General Manager Hotel JM kepada Tempo mengatakan selama dua hari terakhir ini, tepatnya selepas Subuh, bermunculan Nyale. ‘’Ahad besok pagi diperkirakan masih akan bermunculan lagi,’’ katanya, Sabtu 11 Februari 2023.

General Manager The Mandalika Molin Duwanno mengatakan ITDC siap bekerjasama dengan pemerintah dan elemen masyarakat lainnya untuk melestarikan tradisi ini dan membangun wisata budaya yang unik. ‘’Yang hanya bisa ditemukan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika,’’ katanya.

 

Menurut Molin Duwanno, selain memadai, fasilitas parkir yang disediakan ini juga aman dan akan memudahkan pengunjung acara untuk mencapai lokasi acara.  Fasilitas parkir yang tersedia di dua lokasi barat dan timur kawasan juga membantu mengurai penumpukan jumlah kendaraan karena tersedia dua jalur alternatif yang dapat diakses oleh warga atau pengunjung menuju lokasi event Bau Nyale.”

 

Malam puncak berlangsung Jum’at – Sabtu 10 – 11 Februari 202 dini hari. Malam puncak event Bau Nyale dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri, jajaran Dinas Pariwisata Pemprov NTB dan Pemkab. Loteng, serta jajaran manajemen PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola KEK Mandalika, diantaranya Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka dan Direktur SDM & Legal Compliance ITDC Wenda Ramadya Nabiel.

Sebagai pengembang dan pengelola KEK Mandalika, ITDC menyediakan sejumlah dukungan bagi penyelenggaraan malam puncak event Bau Nyale ini.  Selain lokasi acara, ITDC juga memberikan dukungan berupa fasilitas parkir bagi kendaraan tamu, undangan, dan warga setempat, yang terletak di barat dan timur kawasan The Mandalika, yang menampung sampai 2.861 kendaraan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed