by

Pemprov NTB Bangun Sirkuit MXGP di Runway ex Bandara Selaparang

MATARAM – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah melakukan ground breaking sirkuit Lombok MXGP Track 2023 yang berada di ujung barat landas pacu ex Bandara Selaparang di Mataram, 9 Mei 2023.

MXGP adalah motorcross grnad prix yang pertama diselenggarakan adalah di Sirkuit Samota di kota Sumbawa Besar.  MXGP  di Samota akan berlangsung 25 Juni 2023 dan di Selaparang 2 Juli 2023.

Menempati area berukuran 500 meter kali 144 meter akan memiliki 16 tikungan sepanjang 1.600 meter. ‘’Ini standar MXGP. Basic Flat Track. Sudah direkomendasi dari Infront Motor Racing di Monaco,’’ kata Noval Adhi dari Tracking Motor Sport yang sebelumnya sudah membuat sirkuit di Pangkal Pinang, Palembang, Sumbawa Besar NTB.

Menurut  Noval, sirkuit tersebut memiliki view yang indah di sekitarnya. Mulai dari gunung Rinjani di Lombok Timur serta hamparan bukit di Lombok Utara. Kalau di Sirkuit Samota di Sumbawa Besar yang medan sirkuitnya memiliki turunan dan tanjakan untuk kejuaraan endurance maka di landas pacu Selaparang yang datar untuk kejuaraan sport.

Komandan Lapangan MXGP NTB Ridwan Syah menyebutkan akan banyak event selain MXGP di Selaparang dan Samota masing-masing setahun sakali.

Zulkieflimansyah mengaku tidak membayar sewa lokasi Selaparang tersebut karena masing-masing diuntungkan. ‘’Sejak beralihnya operasi Bandara Internasional Lombok di Lombok tengah, 2011 tidak terawat. ‘’Rumputnya tinggi dan tampak tidak bersih,’’ ujarnya.

Mengenai pengggunaan landas pacu tersebut, hanya menimbuni tanah tanpa merusak aspalnya. Jadi, jika akan dipergunakan lagi oleh PT Angkas Pura, hanya membersihkan timbunan tanaahnya.

Ketua Ikatan Motor Indonesia NTB dr Lalu Herman Mahaputra yang sehari-hari Driektur RSU Provinsi NTB ini dipanggil dr.Jack selaku Komandan Lapangan Sirkuit di Lombok menyebutkan ada tiga sirkuit yang rutin bisa dipakai kejuaraan motor cross di Lombok yaitu di Selaparang Mataram, Tohpati Mataram dan Lantan Lombok Tengah. ‘’Sesuai visi misi IMI NTB, ini akan menjadi barometer,’’ ucapnya. Rata-rata setiap event akan diiikuti sekitar 50 orang pembalap motorcross.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed