by

Pembalap Top Nasional Masuk Pertamina Enduro Mandalika Racing Series 2023 Putaran Kedua

MANDALIKA – Kejuaraan Nasional Balap Motor Sportbike Pertamina Enduro Mandalika Racing Series (MRS) 2023 putaran kedua akhirnya digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, 15-16 Juli 2023. Puluhan penbalap papan atas Nasional akan berjibaku memanaskan persaingan di sirkuit sepanjang 4,3 Km kebanggaan Indonesia.

Sebanyak 59 starter rider di tiga kelas utama Kejurnas yakni Sport 250, Sport 150 dan Supersport 600 ditambah dua kelas Supporting Race Underbone 150 dan Supersport/Superbike Community telah teregister dan melakukan persiapan serta menjalani tahapan briefing, Jumat 14 Juli 2023.

Para pembalap senior dan yunior langganan podium siap berpacu menjadi yang tercepat. Nama-nama seperti Rey Ratukore, AM Fadly, Wahyu Aji Trilaksana, Galang Hendra Pratama, Fitriansyah Kete, Gupita Kresna, Rafid Topan Sucipto hingga Veda Ega Pratama, Reykat, M Kiandra Ramadhipa di antara barisan pengisi grid start.

Kejurnas Balap Motor Sportbike yang dipersembahkan oleh PRIDE Club bekerjasama dengan MGPA dan IMI mendapat sokongan penuh dari Pertamina Enduro, produk pelumas sepeda motor dari PT Pertamina Lubricants. Selain itu event ini juga didukung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pirelli, Astra Honda Motor, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Lintas Fortuna Nusantara, YSS, Primegears dan Hydro Coco.

Menurut Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association MGPA Priandhi Satria,, kehadiran para Top Rider Indonesia di putaran kedua MRS ini membuktikan bahwa mereka membutuhkan

kejuaraan balap motor yang kompetitif di sirkuit bertaraf dunia.” Kami melihat kedatangan para pembalap nasional yang bahkan sudah berprestasi sebagai juara Asia di event ini diharapkan bisa meningkatkan pamor Kejurnas Balap Motor khususnya jenis sportbike semakin maju. Dengan demikian, program pembinaan dan penjenjangan bagi para pembalap muda selanjutnya akan lebih terasah dan terarah dalam menapak karier balap ke depan. Selain itu dukungan dari Pertamina Enduro termasuk Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menjadi salah satu tolak ukur bagaimana mereka melihat event Mandalika Racing Series ini bagian penting dari upayanya untuk memajukan industri balap motor Nasional ,” kata Andhi.

Deputy Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat Eddy Saputra mengemukakan apresiasinya terhadap partisipasi seluruh tim peserta Pertamina Enduro Mandalika Racing Series ronde kedua ini. “ Di tengah padatnya jadwal balapan namun mereka melihat MRS sebagai satu kejuaraan yang penting untuk diikuti. Dengan status kejurnas dan diadakan di sirkuit berstandar dunia, mereka akan banyak belajar mempersiapkan diri menuju level lebih tinggi Kami di bidang olahraga sepeda motor IMI Pusat akan terus berkomitmen merumuskan aturan di dunia balap motor semakin kompetitif namun tetap sportif.” Ujarnya.

Sebelum menjalani dua race yang akan dihadapi, para pembalap sebelumnya melakukan Track Walk untuk mengenal karakteristik sirkuit dilanjutkam dengan briefing teknis. Bagi penonton yang ingin menyaksikan langsung jalannya balapan, bisa mendapatkan tiketnya melalui www.mandalikaracingseries.com dengan harga Rp 50 ribu untuk Tribun A, Rp 100 Ribu untuk Paddock Pass serta Rp 250 ribu di Premiere Class.

 

Juara race satu underbone 150 CC :

  1. Arai Agaska Dibani Laksana ( NTB )
  2. Much Robbil Fathoni ( JATIM )
  3. Fahmi Basam ( DKI JAKARTA )

Juara race satu superbike dan national supersport 600 CC :

  1. Mohammad Adenanta Putra ( JATIM )
  2. Iwan Setiawan ( DKI JAKARTA )
  3. Eric Saputra ( DKI JAKARTA )

Juara race satu national sport 150 CC :

  1. Hafid Pratamaditya Nursandi ( DIY )
  2. Gupita Kresna Wardana ( DIY )
  3. Muhammad Nicky Hayden ( DIY

Juara race satu national sport 250 CC :

  1. Rheza Danica Ahrens ( DIY )
  2. Veda Ega Pratama ( DIY )
  3. Andhi Muhammad Fadly ( DKI JAKARTA )

PRIDE Club merupakan perusahaan one stop service di bidang otomotif khususnya kegiatan motorsport Pride Club dibangun atas dasar passion dan pengalamannya menangani berbagai aktivitas motorsport dari penyelenggara balap, racing management, racing school hingga technical services.

MGPA merupakan unit usaha ITDC, yang memiliki bisnis utama mengelola event “motor sport & tourism” dan mengoperasikan Mandalika International Circuit (Sirkuit Mandalika. Produk dan layanan utama MGPA adalah penyelenggaraan event, penyediaan fasilitas pembalap, penyediaan logistik dan akomodasi, dan promosi serta penjualan tiket.MGPA telah dipercayakan oleh ITDC untuk mengambil alih kontrak dan tanggung jawab pelaksanaan Promotor’s Agreement antara ITDC dan Dorna Sports untuk penyelenggaraan MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika mulai 2021 dan tahun-tahun selanjutnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed