by

Paslon SALAM Sedia Tiga Ambulan Guru Dokter dan Psikolog

MATARAM – Dalam rangka pemilihan Walikota – Wakil Walikota di Kota Mataram, pasangan koalisi Partai Keadilan Sejahtera – PDI Perjuangan Putu Selly Andayani – Abdul Manan (SALAM) menyediakan tiga ambulan Guru Dokter dan Psikolog Keliling (GuDeK) untuk melayani kebutuhan pendidikan dan kesehatan masyarakat secara bergiliran di setiap lingkungan se Mataram.

Tiga unit Ambulance GuDek SALAM ini dilengkapi berbagai alat kesehatan untuk pertolongan darurat. Dilengkapi hotline service, ambulance juga akan selalu standby jika ada masyarakat yang sakit dan membutuhkan transportasi ambulance menuju rumah sakit.

Setiap ambulance GuDek juga akan dilengkapi dengan dokter dan petugas medis. Uniknya, tiap ambulance beroperasi juga dilengkapi dengan tenaga didik atau guru yang siap membantu masyarakat terutama anak-anak sekolah yang belajar virtual dari rumah. “Ambulance SALAM  untuk pendidikan dan kesehatan ibaratnya One Stop System,  Ada guru, dokter/ tenaga medis serta relawan SALAM dalam setiap operasinya ke lingkungan,” kata calon Walikota Hj Putu Selly Andayani, , Kamis 24 September 2020 sore.

Ia menambahkan selain melayani pendidikan dan kesehatan, operasional ambulance ke lingkungan-lingkungan juga akan disertai dengan edukasi dan sosialisasi tentang pencegahan Covid-19. Hal ini sebagai bentuk komitmen kongkret SALAM dalam mendukung disiplin Protokol Kesehatan menuju Mataram Zona Hijau

GuDeK  ini untuk menekan angka kasus dan penyebaran Covid-19 di Mataram yang selama ini menjadi zona merah di 10 kota-kabupaten se Nusa Tenggara Barat. Khusus kasus Covid-19, angka penderita dari 3.197 orang yang terkena Covid-19 di NTB, jumlah penderita di Mataram mencapai 1.195 orang, diantaranya yang meninggal 86 orang dari korban meninggal se NTB sebanyak 190 orang.

Pasangan SALAM sebelumnya juga telah melaunching program internet portable  satu paket dengan  Guru, Dokter dan Psikolog Keliling (GuDeK) yang sudah berjalan. .

Menurut Putu Selly Andayani, aspirasi dari masyarakat kota Mataram saat pandemi, umumnya serba sulit terutama untuk anak-anak sekolah dan aspek kesehatan. Ambulance GuDek ini, berupaya membantu meringankan beban masyarakat. ”Sekaligus membantu menekan penyebaran corona menuju mataram zona hijau,” ujarnya

Ambulance dan petugas SALAM  membagikan puluhan ribu masker gratis untuk masyarakat, termasuk masker anak-anak , melakukan penyemprotan desinfektan maupun Foging untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah ,” ucap Selly

Ambulance GuDek merupakan salah satu implementasi visi misi SALAM menuju Kota Mataram Berkah dan Cemerlang. Sektor pendidikan dan kesehatan tetap menjadi prioritas, terutama di masa pandemi ini.

Program 1 Ambulance 1 Kelurahan juga akan didorong ke depan jika SALAM terpilih sebagai pemimpin Kota Mataram ini.

Selain itu peluncuran Ambulance SALAM juga sebagai wujud komitmen SALAM dalam mentaati aturan protokol kesehatan selama Pilkada. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga sudah menerbitkan edaran untuk seluruh jajaran hingga para camat agar menerapkan langkah pencegahan. Termasuk mengedukasi dan sosialisasi Perda NTB No 7 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Pengendalian  Penyakit Menular.

Selain itu Selly menekankan, perang melawan Covid-19 ini hanya bisa sukses dilakukan jika semua masyarakat aware dan peduli, serta mau berpartisipasi aktif menerapkan protokol.

“Pola Kampung Sehat yang digagas Polda NTB juga sangat inspiratif. Jadi Ambulance GuDek SALAM ini juga membawa misi edukasi dan kesadaran kolektif masyarakat untuk sama sama menciptakan Kampung Sehat yang bebas Covid 19,” ucapnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed