by

Lion Air Buka Rute Baru Lombok – Balikpapan

MATARAM – PT Angkasa Pura I (AP I) Bandara Lombok mulai membuka rute penerbangan barru langsung dari Lombok tujuan Balikpapan, Kalimantan Timur dan sebaliknya mulai Rabu 3 Juli /2024. Rute penerbangan ini dilayani oleh maskapai Lion Air.

Penerbangan perdana rute ini ditandai dengan kedatangan pesawat Lion Air dari Balikpapan yang disambut dengan seremonial water salute sesaat setelah mendarat di Bandara Lombok pada pukul 14.00 WITA.

Pesawat bernomor penerbangan JT 733 ini membawa 205 penumpang. Perwakilan penumpang dan kru pesawat yang tiba kemudian disambut dengan pengalungan kain khas Sasak oleh Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi NTB Hassanudin yang didampingi General Manager PT AP I Bandara Lombok Barata Singgih Riwahono serta perwakilan maskapai Lion Air.

AP I menyambut baik dan positif dengan hadirnya rute penerbangan baru bagi pengguna jasa Bandara Lombok ini. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan pelaku perjalanan, wisatawan, dan pebisnis dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. ‘’Untuk menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, serta Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sebaliknya,” kata Barata Singgih Riwahono.

Barata juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Lion Air serta jajaran Pemerintah Provinsi NTB atas pembukaan rute baru ini. Diharapkan akan semakin banyak lagi rute baru dan tambahan frekuensi penerbangan yang hadir di Bandara Lombok. ‘’Sehingga akan semakin mendorong peningkatan aktivitas pariwisata serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan investasi di Provinsi NTB,” ujarnya.

Rute Lombok-Balikpapan dan sebaliknya ini beroperasi dengan frekuensi penerbangan tiga kali seminggu setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Untuk jadwal penerbangannya, Lion Air nomor penerbangan JT 732 akan berangkat dari Lombok pukul 14.50 WITA dan dijadwalkan tiba di Balikpapan pukul 16.30 WITA. Sedangkan dari Balikpapan, pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 733 akan lepas landas pukul 12.30 WITA dan mendarat di Lombok pukul 14.10 WITA. Penerbangan ini akan menggunakan armada pesawat jenis Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi dan fasilitas bagasi kabin gratis 7 kilogram serta bagasi tercatat 20 kilogram.

Dengan adanya rute Lombok-Balikpapan ini, maka Bandara Lombok saat ini melayani delapan rute penerbangan domestik reguler, yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Bima, Sumbawa Besar, Makassar, dan Balikpapan yang dilayani maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, dan Wings Air.

Sedangkan untuk penerbangan internasional, saat ini ada dua rute, yaitu tujuan Kuala Lumpur dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia dan AirAsia Berhad dan tujuan Singapura yang dilayani oleh Scoot.

Lombok adalah salah satu destinasi wisata favorit Indonesia yang setiap tahunnya juga menjadi tuan rumah event internasional kelas dunia MotoGP. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan penggemar sport tourism untuk datang ke Lombok. AP I siap menyambut para penumpang yang datang dan mendukung penuh maskapai penerbangan baik domestik maupun internasional yang ingin membuka rute penerbangan dari dan menuju Lombok,” ucap Barata.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *