by

Labuan Bajo Menjelang KTT Asean ke 42

LABUAN BAJO – Sehari lagi mulai 9 Mei 2023, penyelenggaraan KTT Asean ke 42 dibuka di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur. Tidak sedikit anggota delegasi dan personil penyelenggar sudah di lokasi. Tidak heran kalau puluhan akomodasi berbintang menjadi penuh. Untuk mencukupinya, kapal pesiar variatif mulai dari pinisi, standar, superior,  deluxe yang masing-masing memiliki 4 – 7 kamar didaya gunakan sebagao hotel terapung.

‘’Ada 20an hotel terapung yang berlabuh di depan pelabuhan. Untuk ke daratnya menggunakan sekoci,’’ kata Arthur de Fabiaono darir Flores Pristine Tours & Travel melalui telepon, Ahad 7  4 Mei 2023

Untuk menginap di kapal tersebut, tariff sewa kamarnya per hari mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 1,5 juta. Sedangkan untuk mendukung kebutuhan transportasi di darat ada 700an unit kendaran diantaranya mobil penduduk bahkan taksi antar kecamatan disewakan. ‘’Semuanya mendapatkan rezeki adanya KTT Asean ini. Semua mboil pariwisatadapat order,’’ ujar Arthru de Fabiano yang selama acara ini mendampingi seorang perwira tinggi menggunakan Inova Reborn.

Sewanya per hari variatif tergantung langsung atau agent. Termasuk BBM dan supirnya, kelas Avanza Rp 750 ribu, Innova Grand Rp 850 ribu – Rp 1 juta. Innova Reborn Rp 1,5 juta. Fortuner kisarannya Rp 3,5 juta, Alphard Rp 6,5 – Rp 8 juta. ‘’Kurang lebih meningkat dari harga normal 50 persen,’’ ucap Arthur de Fabiano.

Menjelang KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, para pengusaha jasa wisata di Labuan Bajo mendapatkan ciprataan rezekinya. Setidaknya penerimaan bersih mencapai Rp 40 juta. ‘’Cukup banyak sesama rekan usaha yang juga mendapatkan orderan busines to business. Sekitar 50 perusahaan,’’ kata Arthur de Fabiaono asli Labuana Bajo.

Ia menyebutkan permintaan jasa layanan penginapan, kendaraan laut dan darat diperolehnya selama dua pekan, 1 –  14 Mei 2023. Juga pedagang sayur-sayuran untuk restoran dan lainnya. ‘’Tidak benar kalau kami tidak mendapatkan apa-apa. Semua dapat bagian,’’ ujarnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed