by

Jumlah Penumpang Bandara Lombok Tumbuh 89,4 Persen

PRAYA – Sepanjang Januari hingga November 2022, Bandara Lombok tercatat telah melayani sebanyak 1,79 juta pergerakan penumpang, 19 ribu pergerakan pesawat udara, dan 9.728 ton pergerakan kargo.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021 lalu, terdapat pertumbuhan sebesar 89,4 persen untuk pergerakan penumpang, 65,2 persen untuk pergerakan pesawat udara, dan 29,6 persen untuk pergerakan kargo. Adapun catatan pada Januari-November 2021 lalu adalah 945 ribu pergerakan penumpang, 11.500 pergerakan pesawat udara, serta 7.505 ton untuk pergerakan kargo.

Menurut Stake Holder Relation Manager PT Angkasa Pura I – Bandara Lombok Arif Haryanto, saat ini, Bandara Lombok melayani enam rute domestik mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Bima, dan Sumbawa Besar. ‘’Dua rute internasional Kuala Lumpur dan Singapura.

Ia juga mengutip penjelasan Airnav Indonesia sehubungan adanya erupsi gunung Semeru, Ahad 4 Desember 2022. Dilaporkan telah terjadi erupsi yang disertai Awan Panas Guguran (APG) mencapai 1.500 meter di atas puncak dan menyebabkan sejumlah gempa letusan selama periode 02.46 – 06.00 WIB. ‘’Telah dikeluarkan peringatan ASHTAM No. VAWR3537 untuk wilayah yang terdampak erupsi yaitu Bandara Internasional Juanda, Surabaya dan Bandara Abdurahman Saleh, Malang,’’ ujarnya.

Berdasarkan hasil koordinasi dan pemeriksaan sementara di lokasi tersebut, kondisi personel, bangunan, dan fasilitas navigasi penerbangan dalam kondisi aman, termasuk Runway untuk aktifitas take-off/ landing pesawat.

Hingga statement ini dikeluarkan Ahad 4 Desember 2022 pukul 13.30 WIB, operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh berjalan normal.

Personel Cabang Surabaya dan Malang terus bersiaga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan lain erupsi, terlebih, Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang cukup sering diguncang erupsi dan gempa letusan awan panas. AirNav Indonesia terus berkoordinasi dengan Stakeholder penerbangan terkait update kondisi di lapangan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed