by

Dipadati Pengunjung, Polisi Amankan Obyek Wisata

MATARAM – Di Mataram dan Lombok Barat, warga menjadikan pantai di sepanjang tepi timur Selat Lombok menjadi pilihan rekreasi. Mulai dari pantai Gading, Mapak Indah, Loang Baloq. Sedangkan obyek wisata alam yang juga ramai menjadi lokasi kunjungan adalah Taman Narmada, pemandian Aik Nyet, Sesaot, Tamana Suranadi dan Taman Wisata Gunung Jae.

Lokasi tersebut biasanya dipenuhi puluhan ribu orang pengunjung sejak lebaran Idul Fitri hingga lebaran ketupat. Polisi mulai siaga menempatkan 121 orang personil Operasi Ketupat Rinjani di dua pos pantau, satu pos terpadu dan lima titik lokasi obyek wisata.  ‘’Sehingga diharapkan situasi dan kondisi selama pelaksanaan operasi di kawasan Objek Wisata tetap aman, damai dan kondusif serta menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ” kata Wakil Kepala Polres Kota (Polresta) Mataram AKBP Syarif Hidayat yang memimpin apel pengamanan obyek wisata di Markas Polresta Mataram, Kamis 5 Mei 2022 pagi.

Polisi juga melibatkan TNI, Basarnas, Dishub, Diskes, dan Sat Pol PP siaga menjaga dan mengamankan kawasan objek wisata serta untuk arus lalu lintas akan dilakukan beberapa rekayasa agar tidak menimbulkan kemacetan dan kerumunan orang.

Di Sumbawa Barat, warga juga memenuhi pantai Balad di Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang Sumbawa Barat yang berada di tepi timur Selat Alas yang memisahkan Sumbawa dan Lombok.

Kepala Seksi Humas Inspektur Dua Eddy Soebandi menjelaskan polisi melakukan patroli dialogis ini sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat di sekitar pantai Balad. ‘’Kami juga menghimbau pengunjung agar tetap menerapkan prokes guna mencegah penularan Covid 19,’’ ujarnrya.

Para orang tua juga yang membawa anak-anaknya diingatkan agar tetap menjaga dan mengawasi pada saat mandi di pantai.

Di kota Mataram pun dilakukan pemantauan arus balik mudik oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Sandubaya dan Dinas Perhubungan Kota Mataram di Terminal Mandalika Bertais yang mulai dipadati penumpang yang balik dari kampong halamannya baik dari Jawa, Lombok maupun pulau Sumbawa..

Kepala Polsek Sandubaya Kompol M. Nasrullah mengatakan bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan untuk mewujudkan arus lalu lintas yang lancar dan kondusif, serta guna untuk mencegah laka lantas dan kriminalitas jalanan di Terminal Mandalika. ” Selain itu disela-sela melaksanakan pengaturan arus lalin, petugas mengingatkan agar tetap berhati-hati dan selalu waspada, ” ucapnya

Situasi arus balik mudik lebaran sudah mulai terpantau yang didominasi dari pulau Sumbawa dan Jawa.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed