by

Ada Perpustakaan Digital di Islamic Center NTB

MATARAM – Islamic Center Nusa Tenggara Barat (IC NTB) di bawah kelola Dinas Pariwisata NTB menambah fasilitas ruang baca perpustakaan digital. Kelengkapan ini untuk lebih mengenalkan daerah NTB kepada wisatawan yang berkunjung di IC NTB.

Menempati sebuah ruang di Ball Room IC NTB, perpustakaan ini diresmikan oleh Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah, Jum’at 26 Februari 2021 pagi. Kegiatannya dilakukan di Gazebo Rumah Baca Mandiri Syariah di Taman IC NTB yang berumput hijau. ”Di sini tempat baca sekaligus menikmati pemandangan IC NTB,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal.

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah mengatakan tidak masalah gazebonya kecil yang penting nyaman dan lengkap koleksinya. ”Bicara digital, semua tentang NTB bisa didapatkan di sini.Ini cara kita mengenalkan NTB terutama dengan teknologi,” ujarnya..

Pengunjung bisa memanfaatkan layanan baca menggunakan wifi gratis dengan mengakses bit.ly/ideposit atau https://ideposit.dpkp.ntbprov.go.id/

Selama ini IC NTB menjadi destinasi wisatawan nunsantara maupun mancanegara. Sebelumnya mereka selain menunaikan ibadah salat lima waktu juga naik ke menara tertinggi 99 meter untuk melihat seputaran kota Mataram. Ke puncaknya bisa menggunakan lift maupun tangga.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB Amir menyebutkan digital perpustakaan di IC NTB tersambung dengan koleksi di kantornya. ”Ada 9.000 judul buku koleksinya,” ucap Amir.

Ada koleksi adat istiadat NTB, tokoh-tokoh NTB, adat, diantaranya sejarah kerajaan di Sumbawa dan Bima yang hanya didapati di sini karena merupakan buku langka yang tidak dimiliki daerah lain.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed