by

Ada 5 Gerbang Menuju Sirkuit Mandalika

MANDALIKA – Mau menonton balap motor WSBK di Sirkuit Mandalika, 11 – 13 November 2022? Ada lima gerbang masuk yang disiapkan penyelenggara bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan anak perusahaannya Mandalika GrandPrix Association (MGPA) telah bekerjasama dan berkordinasi dengan Kepolisian Daerah NTB dan Dinas Perhubungan NTB.

Terdapat 5 pintu gerbang kedatangan bagi para penonton dari luar Lombok, yaitu melalui Pelabuhan Lembar, Gili Mas, Bangsal dan Kahyangan, serta  Bandara Internasional Lombok (BIL).

Semua penonton yang masuk dari kelima gerbang ini, demikian pula yang berasal dari Lombok, akan tiba di roundabout BIL, dimana akan diatur pemisahan alur kedatangan penonton menuju Pertamina Mandalika Circuit.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), sebagai bagian dari ITDC Group, telah menyiapkan traffic management dan crowd control untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan World Superbike Indonesia Round (WSBK) 2022 yang akan berlangsung 11-13 November 2022 mendatang di Pertamina Mandalika International Circuit.

Traffic management dan crowd control disiapkan, tidak hanya untuk kelancaran gelaran event, tapi juga untuk kenyamanan dan keamanan penonton dan pengunjung, mulai dari kedatangan, selama menyaksikan gelaran, sampai kepulangan dari Sirkuit.

Vice President Site Operation & Service The Mandalika I Made Pariwijaya mengatakan, pengaturan traffic management dan crowd control adalah bentuk antisipasi dan langkah strategis yang dilakukan. ‘’Untuk mengurai kemacetan dan mengatur arus penonton selama penyelenggaraan WSBK 2022,’’ katanya.

Untuk diketahui calon penonton WSBK di Sirkuit Mandalika, jarak dari kota Mataram menuju sirkuit Mandalika sejauh 70 kilometer. Ada dua jalur setelah di bundaran BIL yaitu melalui jalur bypass atau Sengkol. Sedangkan yang datang dari arah Bali melalui Pelabuhabn Lembar jaraknya  kurang lebih sama 70 kilometer.

Pemisahan alur dari BIL menuju sirkuit terdiri dari dua jalur yaitu jalur barat dan jalur timur. Penonton akan diarahkan untuk mengambil jalur barat atau timur sesuai dengan jenis tiket dan lokasi menonton.

Penonton asal Lombok yang datang dari arah Selong Belanak atau sisi barat dan dari arah Praya dari sisi timur kawasan The Mandalika, juga akan diarahkan untuk mengambil jalur sesuai dengan jenis tiket dan lokasi menonton di Pertamina Mandalika Circuit.

Bagi penonton yang tiba di Pertamina Entrance, akan kembali diarahkan untuk masuk dan parkir melalui beberapa gate.  Penonton VIP Premiere melalui Blue Gate, penonton VIP Deluxe melalui Black Gate 2, dan penonton GS A & B melalui Green Gate.  Pertamina Entrance pun akan menjadi titik tiba bagi penonton yang akan diterima di Observation Deck, dan akan masuk melalui Black Gate 3.

Adapun ITDC telah menyediakan 30 kantong parkir dengan total kapasitas 16.350 lot, yang tersebar di area sirkuit dan Kawasan The Mandalika.  Kantong-kantong parkir tersebut terbagi menjadi 3 ring, yaitu ring 1 dengan total 17 kantong parkir berjarak 1 km, ring 2 total 2 kantong parkir berjarak 2 km, dan ring 3 total 11 kantong parkir berjarak 3 km. “Kantong-kantong parkir ini kami sediakan untuk meningkatkan kenyamanan penonton, ‘’ katanya.

Khususnya yang datang menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil dan motor, maupun bus rombongan.  Penyelenggara telah menata lot-lot parkir ini sedekat mungkin dengan lokasi menonton.  Karenanya dihimbau agar setiap penonton memahami lokasi menonton masing-masing, sehingga mendapat area parkir kendaraan yang terdekat dengan lokasi menonton.” Ucap Pari Wijaya.

Operasional kantong-kantong parkir ini akan dilakukan oleh masyarakat desa penyangga, yang didukung dengan 22 Pos Pasukan Pengamanan Masyarakat (PAM) – BRIMOB.

ITDC dan MGPA akan nenyediakan petunjuk keluar masuk area sirkuit bagi penonton dalam bentuk digital, yang dapat diunduh melalui barcode pada signage yang terpasang di roundabout BIL, Songgong,  R, I, Nurul Bilad dan Mong, maupun media sosial perusahaan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed