by

Wisata Alam Gumbang Ganang di Lombok Timur

OBEL – OBEL LOMBOK TMUR – Gumbang Ganang adalah destinasi wisata alam yang menyuguhkan panorama bentang alam berupa kawasan hutan, pegunungan, dan persawahan, yang dapat dinikmati sambil berwisata pemandian air segar yang bersumber langsung dari mata air alami.

Lokasinya di desa Obel Obel, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, program pengembangan Gumbang Ganang sebagai destinasi wisata dimulai sejak dua tahun lalu melalui kolaborasi antara Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Maju Bersama desa Obel Obel dengan PLN Peduli.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara Otong Sugiono, menjelaskan bahwa program pengembangan wisata alam Gumbang Ganang merupakan wujud peran aktif PLN untuk menciptakan asas kemanfaatan pengembangan lingkungan yang berkesinambungan melalui konsep sadar wisata. “Wisata alam ini berada persis dibawah jalur SUTT 150 kV FTP 2 – Bayan, dan ini menujukan infrastruktur listrik PLN tidak menjadi hambatan dalam pembangunan ke ekonomian melalui pariwisata” kata Otong

Pembangunan infrastruktur kelistrikan yang dilaksanakan oleh UIP Nusa Tenggara sejalan dengan semangat untuk tetap selaras dan berwawasan lingkungan. Aktifitas tersebut turut tercermin dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkugan (TJSL) PLN  untuk menjaga ekosistem mata air Gumbang Ganang tetap lestari, dan lebih dari pada itu, menjadikan potensi alami tersebut sebagai destinasi wisata baru yang menciptakan potensi ekonomi bagi masyarakat sekitar dan dapat dinikmati oleh masyarakat Kecamatan Sambelia secara luas.

Sejak dua tahun lalu, PLN Peduli menyalurkan bantuan berupa pembangunan dan pengembangan sarana wisata, penataan lokasi, dan tentunya penyusunan konsep kawasan wisata alam yang tetap menjaga kesinambungan ekosistem. Yang kedepan mampu menciptakan kemandirian ekonomi bagi kelompok masyarakat di desa Obel Obel,” ujar Otong.

Ketua Pokdarwis Maju Bersama Gumbang Ganang di desa Obel Obel, Deri Miswara Arya mengatakan kedepan Gumbang Ganang akan dikembangkan memiliki camping ground, untuk memfasilitasi minat masyarakat yang ingin healing dan selaras dengan alam, dan dukungan dari PLN sangat membantu pengembangan cita – cita pokdarwis. “Wisata alam ini dominan di kelola oleh anak – anak muda karang taruna. Harapan kami tentunya keterlibatan masyarakat kedepan menjadi lebih luas, dan dampak yang dihasilkan menjadi lebih merata,” katanya.

Srinom dari Pokdarwis Maju Bersama menceritakan pengembangan wisata Gumbang Ganang harus bisa menjadi wisata murah meriah, serta tetap sesuai dengan sapta pesona wisata, dan kolaborasi bersama PLN memberikan dampak yang signifikan dari penataan lokasi, fasilitas, dan tentunya dampak ekonomi yang dihasilkan pokdarwis. “Kami merasa sangat terbantu, sebagai wujud kepedulian PLN yang sudah membangun jaringan SUTT, dan kami yang berada tepat di bawah jaringan, alhamdulillah sampai saat ini baik – baik saja, dan terus beraktifitas seperti biasanya” ujar Srinom.

Adanya sarana wisata yang layak dan tertata dengan baik menjadi kebutuhan masyarkat di sekitar kecamatan Sambelia, yang secara akses lokasi cukup jauh dari kota dan destinasi hits lainnya. “Tidak sedikit pengunjung yang datang dari kota, dan dukungan fasilitas dari PLN, harapan kami menciptakan hasil yang maksimal untuk pengembangan sektor yang lainnya” ucap Srinom.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed