by

Senggigi Cycling Day Untuk Ramaikan Wisata di Lombok Barat

SENGGIGI – Untuk membangkitkan pariwisata di Senggigi akan diadakan Hari Bersepeda atau Senggigi Cycling Day. Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Pemkab Lobar) bersama pelaku usaha pariwisata akan menggelar kegiatan tersebut mulai 17 Agustus 2022.

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid membicarakannya sewaktu bertemu pelaku usaha wisata antara lain pemilik hotel, general manager hotel, kepala desa di Hotel Jayakarta, Jum’at 29 Juli 2022. ‘’Diharapkan kegiatan yang diadakan setiap Minggu ini bisa menarik perhatian wisatawan,’’ katanya.

Selama ini, Fauzan Khalid bersepeda bersama pejabat dan pelaku usaha wisata di kawasan wisata. Jum’at 29 Juli 2022 kemarin melakukannya di kawasan Suranadi dan sekitarnya. Sebelumnya juga dilakukan di kawasan wisata Senggigi. Senggigi adalah kawasan wisata primadona Nusa Tenggara Barat (NTB). Dari Senggigi kegiatan pariwisata Lombok dan NTB bangkit.

Selain bersepeda di kawasan wisata Senggigi, Fauzan Khalid juga menyampaikan pengelolaan sampah mengadakan program Ijo Nol Dedoro (bahasa Sasak yang artinya Hijau Nol Sampah). Selama ini, Pemkab Lobar telah bekerjasama dengan Bank BNI dalam mewujudkan program Ijo Nol Dedoro.

Salah satu program dalam kerjasama ini yaitu bank sampah di setiap sekolah yang sudah memecahkan rekor MURI beberapa waktu yang lalu. Setiap siswa membuka rekening di Bank BNI yang berkaitan dengan pengelolaan bank sampah.

Fauzan Khalid juga mengatakan melanjutkan kegiatan Senggigi Sunset Jazz akan resmi diadakan pada bulan November mendatang. Kegiatan ini telah masuk dalam kalender even pariwisata Lombok Barat. Selain senggigi Sunset Jazz, pemkab juga akan menggelar Senggigi Marathon pada bulan Desember mendatang. ‘’Berbagai even ini diharapkan dapat membangkitkan pariwisata senggigi,’’ ujarnya.

Selain itu Fauzan Khalid juga berharap partisipasi dan dukungan para pemilik dan GM Hotel serta pelaku wisata untuk mensukseskan berbagai even ini. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menarik perhatian wisatawan. Karenanya dukungan semua pihak diharapkan dalam mensukseskan even even penting ini. “Kami berharap even even ini dapat membangkitkan wisata Lombok Barat sehingga Senggigi ramai kembali,” ucapnya.

Para pelaku usaha pariwisata yang hadir dalam pertemuan di Jayakarta tersebut menyampaikan berbagai masukan sebagai upaya mengembangkan pariwisata Senggigi. Dalam kesempatan ini para pelaku wisata mengajak semua pihak untuk bersatu padu dan berkolaborasi dalam mengembangkan dan membangun pariwisata senggigi. ‘’Dengan kolaborasi ini diharapkan pariwisata Senggigi dapat ramai kembali,’’ ucapnya.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed