by

Jadwal Persinggahan Kapal Pesiar di Gili Mas, Oktober – Desember 2021

LEMBAR – LOMBOK BARAT – Jika tidak terkendala pandemi Covid-19, sudah ada jadwal tujuh kapal pesiar yang akan sandar di Pelabuhan Gili Mas Lembar Lombok Barat selama Oktober – Nopember – Desember 2021 mendatang.

Menurut General Manager Pelindo III di Lembar Lombok Barat, kapal pesiar tersebut memiliki kapasitas muat 1.500 orang – 3.000 orang. ”Sudah ada pemberitahuan adanya kapal pesiar yang akan masuk ke Gili Mas,” kata Baharudin kepada Tempo, Kamis 18 Maret 2021.

Gili Mas yang selesai dibangun sejak Nopember 2019 telah disandari kapal pesiar yang keberangkatannya dari Australia yang membawa muatan wisatawan mancanegara. Gili Mas memiliki panjang dermagaa 440 meter dan terminalnya yang terdiri dua lantai mampu menampung 1.500 orang.

Sebelum adanya pandemi Covid-19, selama tiga bulan pertama, Januari – Maret 2020 telah disinggahi enam kapal pesiar. Gili Mas yang dibangun oleh Pelindo III mendukung pengembangan pariwisata khusus Nusa Tenggara Barat (NTB). ”Kehadiran Gili Mas memang untuk mendukung keberadaan destinasi wisatanya yang diminati dan mendukung  penyelenggaraan motoGP di sirkuit jalanan di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika.

Sesuai jadwal yang ada direncanakan 24 Oktober 2021 akan merapat Royal Princess dari Carnival Group yang panjang kapalnya 329,87 meter . Kemudian, kedatangan kedua, 16 Nopember 2021, Pacific Counter dari Carnival Group panjang 289,51 meter. Ketiga, 27 Nopember 2021 Viking Orient dari Viking Cruise panjang 228 meter. Keempat, 6 Desember 2021 Seabourn Ovation dari Carnival Group panjang 210 meter. Kelima, 3 Desember 2021 Silver Muse dari Silverseas Cruise panjang 212,78 meter. Keenam,  13 Desember 2021 Noordam dari Carnival Group panjang 285,24 meter. dan ketujuh, 28 Desemberr kapal TBN dari Carnival.

Menurut Heri Nurcahyono dari Lombok Paradise yang selama ini berpengalaman menangani kapal pesiar yang datang ke Lembar Lombok Barat, siap melayani perjalanan pesiar para penumpangnya di Lombok.  ”Sejak 2004 kami melayani wisata sehari penumpang kapal pesiarnya yang berkunjung ke Lombok,” ujarnya kepada TEMPO, Kamis 18 Maret 2021 petang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Saepul Akhkam menyiapkan agenda acara untuk wisatawan yang akan datang di sekitar kawasan wisata Sekotong yang berdekatan dengan Pelabuhan Gili Mas.  ”Kami sudah siapkan event di Sekotong dengan pulau wisata gili-gili yg relatif sangat dekat denga Gili Mas,” ucapnya.

Tiga agenda besar Dinas Pariwisata Lombok Barat  yaitu pertama The Southland Dance (fun snorkeling, fun fishing, mancing ngampar, musik pulau, tarian dan pentas budaya). Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari di dua tempat yaitu kawasan Sekotong dan pantai Cemare. Even kedua adalah Lombok Barat Adventure yang berupa terabas atau sepeda. dan yang ketiga adalah Senggigi Marathon.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed