by

XL Axiata Perkuat Jaringan di Sumatera Barat

PADANG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) siap mendukung kebangkitan ekonomi digital  di Sumatera Barat. Jaringan 4G XL Axiata di provinsi ini telah menjangkau 1.021 desa/kelurahan di 150 kecamatan dan 18 kota/kabupaten. Penyediaan  jaringan data berkualitas ini sekaligus merupakan bentuk nyata upaya XL Axiata untuk turut serta mendukung pemerintah daerah meningkatkan ekonomi digital masyarakat Sumatera Barat, termasuk pariwisata. Untuk itu, XL Axiata juga terus melakukan perluasan jaringan data berkualitas ke seluruh wilayah Sumatera Barat.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan jaringan telekomunikasi dan data 4G menjadi infrastruktur utama penopang digitalisasi di berbagai bidang. Karena itu, manajemen XL Axiata terus gencar membangun jaringan untuk perluasan ke area baru dan penguatan kualitas di area yang sebelumnya sudah ada jaringan kami. ‘’Keberadaan jaringan data 4G hingga ke pelosok, sekaligus mendukung upaya peningkatan literasi digital masyarakat agar bisa segera beradaptasi dengan pertumbuhan ekonomi digital.’’ katanya.

XL Axiata mencatat, saat ini jumlah pelanggan di Sumatera Barat ada lebih dari 880 ribu pelanggan. Di Sumatera Barat sudah terdapat lebih dari 3.250 ribu BTS, termasuk di antaranya sekitar 2.000 BTS 4G. Dalam 2 tahun terakhir ini, peningkatan trafik si seluruh Provinsi Sumatera Barat sekitar 85 persen. Pertumbuhan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Sijunjung yang mencapai hingga 398 persen, Kota Sawah Lunto 397 persen, dan Pasaman Barat 185 persen. Di Kota Padang sebagai ibukota provinsi, trafik meningkat 18 persen.

Melihat pesatnya permintaan masyarakat, XL Axiata melakukan perluasan di 82 kecamatan yang berada di hampir seluruh kota/kabupaten. Antara lain adalah  Kabupaten Agam, Dharmas Raya, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Solok, Tanah Datar, Bukittinggi, Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Kota Payakumbuh, Kota Sawah Lunto, dan Kota Solok.

Sementara itu, jaringan 4G XL Axiata juga melayani jalur-jalur transportasi utama di Sumatera Barat. Jalur-jalur tersebut seperti Padang – Bukittinggi, Bukittinggi – Pekanbaru, Padang – Pesisir Selatan, serta jalur tengah Trans Sumatera di Sumatera Barat.

Peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan terkait dengan terjadinya peningkatan trafik antara lain dengan melakukan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optic, penambahan kapasitas BTS dan optimalisasi jaringan. Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk sejumlah area destinasi wisata dan kawasan industri.

Dalam dua tahun terakhir, XL Axiata melakukan penambahan sekitar 150 BTS. Perluasan jaringan data di Provinsi Sumatera Barat hingga akhir tahun masih ada 18 BTS yang akan dilakukan penambahan jaringan di Sumatera Barat, diantaranya di Kota Padang, Kabupaten Agam, Lima Puluh Kota, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, Solok, Tanah Datar, Kota Payakumbuh, dan Dharmas Raya.

Promo khusus produk XL Axiata di Sumatera Barat. Saat ini tersedia promo produk yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan dan masyarakat di Sumatera Barat untuk mengakses layanan data di jaringan 4G, yaitu :

XL paket Xtra Combo Flex dengan harga yang sangat terjangkau. Manfaat yang ditawarkan oleh produk ini khususnya untuk pengguna baru dengan pilihan kuota mulai dari 4GB hingga 75GB dengan tambahan pilihan terbaru bonus kuota Youtube sampai dengan 18Gb, mulai bulan September Paket Xtra Combo Flex paket XXL dan XXXL mendapatkan bonus XL PASS selama 7 hari yg dapat dinikmati di 2 negara Singapura dan Malaysia.

AXIS juga hadir dengan paket lebih besar kartu perdana AXIS 35GB dengan bonus langsung kuota Tik Tok 30GB yang dinikmati oleh pelanggan nantinya.

Head of Sales XL Axiata area Sumbar – Jambi, Trisna Gunawan mengatakan, ”Untuk memastikan masyarakat dan pelanggan mudah mendapatkan produk XL Axiata, baik XL maupun AXIS, saat ini di Sumatera Barat ada sekitar 1.500 toko pulsa yang menyediakan produk XL Axiata (XL dan AXIS) yang tersebar hingga ke desa-desa yang sudah terjangkau layanan XL Axiata.”

Menurut Trisna, bagi warga yang berdomisili di Kota Padang bisa juga langsung datang ke XL Center Padang di Jalan DR Sutomo No 48 A/B Kelurahan Kubu Marapalam, Kecamatan Padang Timur. Melalui toko-toko jaringan distribusi tersebut, pelanggan juga bisa mendapatkan informasi dan juga menyampaikan keluhan, di mana selanjutnya pengelola toko akan meneruskannya ke layanan pelanggan XL Axiata. XL Axiata akan terus mempermudah masyarakat dan pelanggan dalam mendapatkan produk maupun layanan pengaduan.(*)