by

XL Axiata Kembangkan IoT Kerja Sama BARDI dan Tuya Smart

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mengembangkan layanan Internet of Things (IoT) di Indonesia, salah satunya solusi untuk rumah pintar (smarthome). Untuk itu, XL Axiata menjalin kerjasama strategis dengan BARDI dan Tuya Smart, perusahaan terkemuka penyedia produk terkait smarthome.

Dengan adanya kerjasama ini, akan semakin memudahkan XL Axiata dalam menyediakan solusi rumah pintar kepada masyarakat Indonesia.

Chief Sales Officer XL Axiata, Octavia Kurniawan (Okie) mengatakan menyambut baik kerjasama strategis dengan BARDI dan Tuya Smart, yang memiliki keahlian teknis serta produk-produk unggulan untuk smarthome. ”Kerja sama ini akan memungkinkan kami untuk menyediakan solusi smarthome dengan kualitas unggul bagi masyarakat,” katanya.

Dengan layanan smarthome yang berkualitas, akan semakin lengkap produk-produk solusi berbasis IoT dari XL Axiata. ”Kami optimis permintaan masyarakat atas layanan smarthome akan terus meningkat di mana mendatang,” ujarnya

Sebagai operator pertama yang menjalin kerjasama dengan BARDI dan Tuya Smart, berupa produk bundling yang tersedia di XL Axiata Official Store dan BARDI  Official Store, XL Axiata berharap kerjasama ini bisa terus dikembangkan. Antara lain dengan membuat produk dan solusi pintar yang lebih beragam.

Selain itu, dia juga berharap bisa merebut pasar untuk produk-produk layanan smarthome yang kini memang semakin dikenal masyarakat Indonesia, terutama di perkotaan, seiring dengan semakin lengkapnya ekosistem digital.

Di masa depan, dengan dukungan teknis untuk pengembangan IoT dari Tuya, BARDI dan XL Axiata akan bisa meluncurkan lebih banyak produk dan solusi pintar yang baru, mudah digunakan, dan harganya juga terjangkau.

Pada saat yang sama, XL Axiata juga akan bergabung dengan ekosistem terbuka Tuya, dan melakukan interkoneksi dengan lebih dari 310 ribu produk berlabel ‘Powered by Tuya’ untuk mewujudkan visi “satu aplikasi, semua pintar”.

CEO BARDI, Ryan Maurice Tallulah mengatakan, dukungan XL Axiata dan Tuya Smart memungkinkan mereka untuk membantu lebih banyak perusahaan memasuki pasar IoT dan bersama-sama mempromosikan konsep dan pengembangan pasar rumah pintar di Asia Tenggara.

Sementara itu Ross Luo, General Manager Wilayah Asia Pasifik dari Tuya Smart, mengatakan, “Tuya merasa terhormat untuk memberikan kemampuan dan dukungan kepada kedua mitra, sehingga lebih banyak konsumen Indonesia dapat merasakan kenyamanan rumah pintar dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Hingga saat ini XL Axiata memiliki 56,02 juta pelanggan, yang ditopang lebih dari 147 ribu BTS, termasuk lebih dari 57 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed